6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

7 Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional Baluran yang Wajib Kalian Dikunjungi


Sekut.net - Ada yang pernah berkunjung ke Banyuwangi? Daerah Jawa timur paling ujung ini jadi satu kawasan tujuan yang harus untuk didatangi. Karena. Daya tariknya yang mengagumkan cantiknya. Daerah yang mempunyai panggilan sunrise of java ini bukan hanya cantik saja. Tetapi esoktis apa lagi, dengan keelokan festival tradisionilnya.

Karena sangat cantiknya, ada salah satunya kawasan yang dipanggil dengan "Little Africa In Java' disini, apa sobat sekut sudah mengetahui di mana tempat wisata itu. Bila, masih belum mengetahui baik, silahkan kita ulas satu tempat wisata di Banyuwangi dengan daya tarik menarik persisnya di Taman Nasional Baluran.


Taman Nasional Baluran Banyuwangi


Mengenal Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ialah kawasan yang memesona dan esoktis untuk didatangi. Ada di sini harus siap lahir dan batin. Apa lagi, jalanan di sini kurang berteman. Mari ajak keluarga, teman dekat, dan rekan paling dekat sobat sekut untuk nikmati kawasan ini.

Taman Nasional Baluran adalah salah satunya taman nasional yang populer. Ini karena taman nasional ini adalah taman nasional pertama di Indonesia. Teritori wisata ini dibuat di tahun 1980 dan mendapatkan panggilan Africa van Java. Panggilan itu didapat sebab keelokan alam taman nasional ini serupa dengan di Afrika.

Taman nasional ini berada antara Banyuwangi dan Situbondo. Mempunyai luas 25.000 Ha dengan seputar 40% dikuasai oleh type vegetasi sabana. Taman nasional ini mempunyai 444 tipe tumbuhan asli yang unik. ada 26 tipe mamalia dan 155 tipe burung.

Seperti taman nasional yang lain diatur pemerintahan. Harga ticket masuk teritori taman nasional ini bisa juga disebut terjangkau.

Jam membuka taman nasional ini dimulai dari hari Senin sampai Kamis jam 07.30 sampai 16.00. Sedang pada hari Jumat membuka start pukul 07.30 sampai 16.30. Taman nasional ini cuman tutup di hari Sabtu dan Minggu. Untuk hari liburan nasional masih membuka.

Untuk pelancong yang tiba kesini, bermacam hal tarik dapat dilihat di Taman Nasional ini. Dimulai dari hutan, Gua, padang savana dan ada banyak kembali. Berikut sejumlah hal menarik yang dapat diperoleh.

Taman nasional ialah satu kawasan yang dipakai spesial membuat perlindungan bermacam jenis ekosistem flora dan fauna. Di banyuwangi, lebih kurang ada 3 taman nasional yang berdiri dan jadi selaku tempat wisata favorit. Diantaranya ialah Taman nasional Baluran yang memperoleh panggilan selaku little Africa ini Java.

Luas kawasan ini lebih kurang 25.000 ribu hektar. Di kawasan ini sobat sekut akan disuguhi dengan bermacam jenis pelestarian dan hewan-hewan alam. Jangan terkejut, waktu telusuri kawasan ini sobat sekut akan dihibur dengan keadaan jalan yang hancur kronis. Posisinya selaku satu Taman Nasional membuat jalan kawasan ini jangan diperbarui.

Jadi, jumlahnya lubang jalan berharap dimaklumi. Demikian bula dengan hewan-hewan yang tiba dan seberang tiada izin. Semua akan dijumpai di kawasan ini. untuk kepentingan perut jangan cemas. di sini telah berdiri warung dengan bermacam jenis menu makanan. Satu perihal kembali, jangan mengharap ada listrik. Kawasan ini dapat disebut sulit sekali yang bernama listrik.

Di sini, sobat sekut dapat kenalan dengan hewan-hewan yang dilindungi seperti banteng, kerbau, rusa, kera berbuntut panjang. Dan satu padang rumput yang paling luas. Tarik kan? Berpetualang di kawasan ini.


1. Gua Jepang

Di Batangan ini ada warisan riwayat berbentuk gua Jepang persisnya di pintu masuk taman nasional. Bila mau belajar terkait riwayat, karena itu berkunjung ke gua ini ialah hal harus. Gua ini mempunyai luas seputar 12 mtr.. Dulu gua ini dipakai untuk tempat bertahan dan penyimpanan amunisi.

Kecuali gua, pengunjung dapat melihat merak pada musim kawin. Panorama itu akan gampang dijumpai antara bulan Oktober atau November. Berharap mengikut ketentuan yang ada dari faksi pengurus untuk keamanan pengunjung.

Hal seterusnya yang dapat dikerjakan di Batangan ialah kemping. Untuk kemping harus mendapatkan izin dari faksi pengurus. Pengunjung dapat menanyakan ke pusat info yang berada di tempat Batangan ini.


2. Kawasan Hutan Musim 

hutan ini akan menyongsong pelancong yang tiba kesini sesudah melalui pos pengamanan. Nah, yang diartikan dengan hutan musim ialah hutan yang akan berbeda-berubah sesuai musimnya,

Waktu musim hujan, sobat sekut akan disuguhi daya tarik hijaunya pohon-pohon. Tapi,jika pelancong tiba pada musim kemarau, pelancong akan dihibur dengan keadaan gersang. Warna coklat dengan dedaunan yang seolah rontok.

Jika ditanyakan bagus mana yang antara ke-2 musim ini, saya akan menjawab bagus semua. Bukan tiada fakta sebab, ke-2 musim ini memiliki esoktisme semasing dan kekhasan tertentu. sobat sekut akan berjalan telusuri hutan ini lebih kurang sepanjang 5 km.


3. Kawasan Hutan Evergreen

Nah, jika ini hutan kekal. Di mana, hutan di sini pada keadaan subur. Bukan angin-anginan sama seperti yang di atas. Jadi, kapan saja sobat sekut tiba, hutan ini akan terlihat hijau dan menggemaskan.

Tanah di hutan ini cukup subur. Di sini, ada satu saluran sungai yang berperan selaku cadangan air untuk tumbuhan. Itu sebabnay, kenapa kawasan ini lebih termasuk hijau esoktis daripada yang awalnya.

Di sini, sobat sekut harus berjalan lebih kurang 3 km ke arah kawasan seterusnya. Dan, di sini juga, sobat sekut dapat rasakan bagaimana sejuknya kawasan ini. terasanya di surga. Apa lagi, waktu terik matahari menusuk, berlindung dalam tempat ini ialah satu keharusan.


4. Padang Savana Bekol Taman Nasional Baluran

Sampai juga kita di savanna bekol. Di mana, savanna berikut yang dipanggil dengan little Africa. Di mana, kawasan ini mempunyai 10.000 hektar atau lebih dari sepertiga kawasan ini. di sini, pelancong akan disajikan padang rumput dan panorama gunung yang esoktis.

Savana bekol mempunyai karakter hampir serupa dengan hutan musim. Di mana, waktu musim hujan, kawasan ini mempunyai daya tarik hijau yang menarik. Umumnya, ketika musim hujan ada beberapa hewan yang dapat disaksikan seperti rusa yang lagi makan rumput-rumputan.

Dianjurkan, untuk pelancong yang bertandang kesini untuk waspada. Karena ini ialah alam bebas. Bisa-bisa berjumpa dengan ular atau sekawanan banteng yang lagi tiba. Lebih bagus, sobat sekut stop dan diamkan mereka melalui lebih dulu. Atau bila, berjumpa dengan ular tenang dan jangan cemas

Bila, tidak ada rintangan, kawasan ini memesona. Tapi, waktu hewan tiba tempat ini dapat membuat jantung berdebar dengan kuat. Salah satunya kunci yang harus jadi perhatian ialah jangan cemas jika berjumpa dengan hewan.


5. Pantai Bama, Balanan dan Bilik

Sampai juga kita di kawasan paling akhir dari Taman Nasional Baluran. Pantai ini benar-benar sepi dan demikian nikmat jadi selaku titik final dari penjelajahan di taman national baluran. Tapi, ada satu perihal yang perlu jadi perhatian di sini, dengan hadirnya temanan kera ekor panjang.

Mereka akan membidik makanan yang akan dibawa oleh sobat sekut. Makanan untuk mereka seperti uang yang terlihat hijau berkilau untuk kita. Jadi, dianjurkan tidak untuk memancing kehadiran mereka dengan bawa makanan. Bila, tidak karena itu kera-kera ini akan tiba dan ambil makanan ini.

Kera di sini cukup galak, jadi dianjurkan kembali untuk waspada. Lebih bagus. Nikmati pantai dengan putihnya pasir pantai dan ayunan yang ada di sini. Apa lagi, dengan beberapa pohon yang menyebar dan dapat jadi selaku salah satunya spot photo yang tarik.

Disaksikan dari sisi ombaknya juga tidak demikian kuat. Jadi, pelancong dapat dengan aman berenang di kawasan ini. cuman jangan begitu ke tengah ya. Sebab, meskipun tidak ganas, yang bernama pantai masih memiliki segi yang menakutkan.

Di sini juga, sobat sekut dapat menyaksikan beberapa kapal yang berakhir-lalang dari pelabukan ketapang ke arah dermaga gilimanuk. Sayang, sobat sekut harus selekasnya keluar dari kawasan ini saat sebelum jam 3 sore. Sebab, dalam tempat ini tidak ada pencahayaan dan perjalanan yang perlu dilalui dari pantai bama ke gerbang pintu masuk ialah 2 jam.


6. Panjat tebing

Di taman nasional ini, pengunjung yang senang panjat tebing bisa juga memberikan kepuasan hobynya. Untuk panjat tebing, pengunjung harus ke tempat yang memiliki nama Curah Tangis. Di tempat ini, ada tebing dengan tinggi 10 – 30 mtr.. Kemiringan tebing yang capai 85% tentu saja akan membuat aktivitas ini semakin melawan.


7. Manting dan Air Kacip

Area ini adalah habitat dari macan tutul. Di sini ada sumber air yang tak pernah habis. Benar-benar tempat yang harus didatangi. Sebab ini ialah habitat dari macan tutul, pengunjung berharap patuhi ketentuan yang ada untuk keamanan. Jangan langkahi pagar pemisah dan jangan memberikan makan ke satwa liar ialah ketentuan harus dari pihak pengurus.

Walau ada di tempat yang lumayan jauh dari pusat perkotaan, di Taman Nasional ini ada banyak sarana yang lumayan komplet. Sarana seperti pondokan, musala, warung makan.

Taman Nasional ini berada di Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Untuk jalan ke arah tempat taman nasional ini sudah diaspal secara baik. Hingga dapat dilewati oleh bermacam tipe kendaraan.


Alamat Taman Nasional Baluran

Alamat Taman Nasional Baluran ada di Dusun Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Kawasan ini tepian di antara kabupaten banyuwangi dan situbondo.

Jadi, jika sobat sekut pengin pegi ke tempat ini. sobat sekut perlu mengikut lajur Banyuwangi – situbondo. Kawasan ini ada di sejauh jalan. Gampang kan? Atau sobat sekut bisa juga memakai bis yang pergi dari terminal banyuwangi dengan arah situbondo. Selanjutnya, turun di muka Taman Nasional Baluran.


Harga Ticket Masuk

Harga ticket masuk di sini lumayan murah pada hari weekday, sobat sekut cuman bayar 15 ribu rupiah. Jika pelancong luar negeri harus bayar 150 ribu rupiah.

Bila, hari liburan, karena itu sobat sekut akan diambil uang sejumlah 17.500, untuk pelancong asing akan diambil 225 ribu rupiah.

sobat sekut yang malas untuk keluar dari kawasan ini, dapat sewa pondokan yang telah disiapkan di sini. Untuk harga bermacam dimulai dari 200 beberapa ribu. Tapi, masih disaksikan dari sisi waktu, sebab, waktu musim berlibur datang, harga ini akan naik.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar