6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Objek Destinasi Wisata Taman Mini Indonesia Indah


Taman Mini Indonesia Indah

Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah

Sekut.net - Taman Mini Indonesia Indah atau yang umum dipersingkat dengan TMII adalah tempat wisata yang berada di Jakarta Timur. Dibuat di atas tanah selebar 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah adalah taman piknik paling besar di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah sebuah taman piknik yang berisi kisah kebudayaan nusantara. Di sini, Anda dapat menyaksikan satu danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tidak itu saja, masih banyak kebudayaan ciri khas setiap propinsi di Indonesia yang ditampilkan di sini dimulai dari tarian wilayah, baju tradisi, rumah beribadah setiap agama sah di Indonesia, bermacam museum dan sebagainya.

Ada pula bangunan-bangunan keagamaan, museum, teater dan sarana piknik yang bermacam jenis. Oleh sebab sajian sarana yang komplet beginilah, Taman Mini Indonesia Indah terus dapat tarik beberapa pengunjung sehari-harinya. Disamping itu, keterangan tiap detilnya juga tentulah masih kurang pada sebuah artikel saja. Tetapi, minimal untuk beberapa pelancong yang baru bertandang ke Taman Mini Indonesia Indah, ada lima sarana yang perlu didatangi. Seperti Museum, Sarana Piknik, Anjungan Wilayah, Bangunan Tempat Beribadah, dan Taman Piknik.

TMII bukan hanya disukai oleh pelancong lokal tetapi luar negeri dari bermacam kelompok umur. Bukan karena hanya adalah tempat piknik, sebagai sarana edukasi mengenai SDA dan budaya Indonesia. Seperti namanya, TMII memang sungguh mendatangkan Indonesia berbentuk mini. Di sini pengunjung akan dihidangkan edukasi mengenai kesenian, budaya, tiruan mini rumah tradisi, dan flora dan fauna-nya.

TMII Gagasan pembangunan dimulai dari tatap muka di dalam rumah Soeharto, bekas presiden Indonesia, di Jalan Cendana Nomor 8, Jakarta, pada tanggal 13 Maret 1970. Dalam tatap muka itu, Siti Hartinah atau yang lebih diketahui dengan panggilan Ibu Tien yang disebut istri bekas Presiden Soeharto menyarankan akan dibuat satu posisi yang berisi wisata budaya untuk menghidupkan kebanggaan rakyat Indonesia pada budaya nusantara.

Selanjutnya dimulailah project miniatur Indonesia ‘Indonesia Cantik' di bawah Yayasan Keinginan Indah. Pembangunan diawali di tahun 1972 dan pada tanggal 20 April 1975, TMII sah dibuka. Di tahun 1991, dibikin maskot untuk tempat wisata ini berbentuk figur wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Taman Mini Indonesia Indah berumur nyaris 1/2 era sejak dari pemerintah Presiden ke-II Indonesia. TMII masih jadi tujuan wisata favorite pelancong. Taman piknik ini tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam kota atau yang di luar kota.

Anak di bawah 9 tahun dan di atas 60 tahun tidak boleh masuk di tempat TMII. Tetapi ada pula beberapa zone piknik yang tidak dikenai ongkos. Misalkan Museum Pencahayaan, Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal.

Di sini, Anda dapat memberikan kepuasan diri untuk menyaksikan kebudayaan tiap propinsi di Indonesia pada sebuah tempat. Berikut sarana-wahana tarik di Taman Mini Indonesia Indah:


Anjungan Wilayah

Di Anjungan Wilayah, Anda dapat menyaksikan kebudayaan dari 34 propinsi yang berada di Indonesia. Tiap propinsi mempunyai anjungan yang tampilkan bangunan atau rumah tradisi, baju tradisionil, baju pernikahan, senjata ciri khas sampai perlengkapan rumah tangga yang dipakai setiap hari.

Taman Mini Indonesia Indah Di tiap anjungan ada pentas untuk tampilkan atraksi tarian tradisionil, upacara tradisi dan atraksi musik ciri khas wilayah semasing. Atraksi budaya ini biasa dikerjakan di hari Minggu, waktu jumlah pengunjung alami peningkatan dibandingkan hari-hari biasa.

Pada beberapa anjungan ada kafetaria yang menyediakan makanan ciri khas semasing wilayah. Ada juga toko cenderamata yang jual bermacam jenis cenderamata berbentuk kerajinan tangan setiap wilayah, baju tradisi sampai aksesori ciri khas wilayah.

Di tahun 1975 – 2000, Anjungan Wilayah berisi miniatur kebudayaan dari 27 Propinsi di Indonesia. Sampai di tahun 2002, waktu Timor Timur terlepas dari Indonesia, anjungannya berbeda nama jadi Museum Timor Timur. Disamping itu, bersamaan pertambahan jumlah propinsi di Indonesia jadi 34 propinsi, dibuat juga anjungan baru untuk Banten, Bangka Belitung, Papua Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo dan Kepulauan Riau. Walau anjungan-anjungan itu memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan anjungan yang lain sudah dibuat awalnya.


Bangunan Keagamaan

Ada bangunan tempat tinggal beribadah tiap agama sah di Indonesia yang aktif dipakai di Taman Mini Indonesia Indah:

  • Mushola Pangeran Diponegoro
  • Gereja Katolik Santa Catharina
  • Gereja Protestan Haleluya
  • Pura Panataran Agung Kertabumi
  • Vihara Arya Dwipa Arama
  • Kuil Konghucu Kong Miao
  • Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa

 

Fasilitas Piknik

1. Istana Beberapa anak Indonesia

Sarana ini adalah sarana favorite beberapa anak yang berkunjung Taman Mini Indonesia Indah. Di sini, beberapa anak dapat memerhatikan dongeng-dongeng dunia dan narasi rakyat dari Indonesia. Ambil wujud bangunan seperti istana raja dalam dongeng Eropa, bangunan warna merah ini terus disukai pengunjung. Terutamanya beberapa anak, sebab jadi Istana untuk Anak Indonesia, mempunyai daya magnet tertentu dan unik. Didalamnya pengunjung akan terpikat dengan selengkapnya fasilitas belajar yang diutamakan untuk beberapa anak. Ada perlengkapan music diatonik, pentatonik, alat peraga IPTEK, dan alat permainan yang lain membahagiakan tetapi mendidik.

2. Kereta Menggantung

Sarana ini ialah sarana terfavorit yang seringkali dicoba oleh pengunjung yang tiba. Sebutlah saja Kereta Menggantung yang menjadi pelopor kendaraan wisata di Indonesia. Memakai kereta menggantung membuat pengunjung bisa menyaksikan jejeran pulau – pulau mini Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pengunjung bisa menyaksikan dengan jelas kepulauan itu seakan ada di langit. Disamping itu, pengunjung dapat menyaksikan dengan jelas semua taman wisata dari 4 stasiun yang lain. Biaya yang dikenai ialah 30.000 rupiah per orang.

3. Perahu Angsa

Berkunjung TMII, pelancong akan dikasih peluang untuk coba sepeda air dan sarana angsa. Ke-2 transportasi air ini bisa dicoba di teritori Danau Arsipel TMII yang populer itu. Pengunjung dapat berkeliling-keliling Danau dengan memakai mesin angsa dan sepeda air. Tiketnya juga terdiri jadi dua, yaitu ticket untuk sarana angsa manual dan sepeda air manual.

Untuk pengunjung yang tidak senang lelah bawa manual sarana itu, TMII sediakan ticket angsa mesin. Sarana ini akan pas bila dicoba dengan keluarga. Kecuali untuk piknik, pengunjung bisa nikmati panorama danau dan Taman Mini keseluruhannya dengan rileks. Untuk pengunjung yang pengin rasakan segarnya situasi danau bisa pesan ticket langsung untuk ke sarana ini. Biaya yang dikenai ialah 7.500 rupiah per orang.

4. Snow Bay

Snow Bay TMII Snow Bay adalah kolam renang dan sarana permainan air di Taman Mini Indonesia Indah. Berdiri di atas tempat selebar tiga hektar, Snow Bay Waterpark mempunyai beberapa sarana permainan air terkenal. Sebutlah saja, Cool Running, Kids Pool, Kolam Ombak, Boombaster, Kolam Arus, Tots Pool sampai Play Pool. Seperti namanya, sarana ini direncanakan spesial bertopik pegunungan salju yang menyenangkan dan nyaman dan berkualitas dunia.

5. Pusat Peragaan IPTEK

Di sini, Anda dapat menyaksikan bermacam kreasi IPTEK dan lakukan eksperimen enteng. Harga ticket masuk ialah 17.000 rupiah per orang.

6. Taman

Ada beberapa taman di Taman Mini Indonesia Indah yang berisi koleksi flora dan fauna Indonesia yang bermacam. Antara taman-taman itu ialah:


  • Taman Anggrek
  • Taman Apotek Hidup
  • Taman Kaktus
  • Taman Melati
  • Taman Bunga Keong Mas
  • Taman Bekisar
  • Taman Burung
  • Akuarium Ikan Air Tawar


Museum

1. Museum Indonesia

Bangunan museum ini berbentuk gedung tiga lantai dengan pahatan narasi Ramayana di dindingnya. Di museum ini, Anda dapat menyaksikan bermacam kisah budaya Indonesia dimulai dari transportasi setiap wilayah dari periode ke periode dan tradisi istiadat wilayah.

2. Museum Keprajuritan

Di museum ini, Anda dapat menyaksikan bagaimana perjuangan rakyat Indonesia dalam merampas kemerdekaan. Bangunan museum dikitari oleh kolam yang memvisualisasikan pertahanan Indonesia dengan memercayakan kemampuan di luasnya perairan negara.

3. Museum Perangko

Di sini, Anda dapat menyaksikan perubahan perangko di Indonesia dan alat cetaknya dari periode ke periode.

4. Museum Pusaka

Museum ini berisi koleksi pusaka atau senjata dari bermacam wilayah di Indonesia. Disamping itu, Anda bisa juga menyaksikan aktivitas perawatan pusaka.

5. Museum Transportasi

Ada bermacam koleksi tipe transportasi di Indonesia dan dunia.

6. Museum Listrik dan Energi Baru

Di museum ini, Anda dapat menyaksikan bagaimana keutamaan mengirit energi listrik dan memakainya cuman sekedarnya untuk menahan pemanasan global.

7. Museum Minyak dan Gas Bumi

Bangunan museum ini berupa anjungan leps pantai. Di sini, Anda dapat menyaksikan video pemrosesan minyak dan gas bumi dan koleksi perlengkapan pertambangan.

8. Museum Telekomunikasi

Keunikan bangunan museum ini ialah kubah warna biru dan ada patung Gajah Mada saat menyampaikan Sumpah Palapa. Patung Gajah Mada dipakai sebab nama satelit telekomunikasi yang dipunyai Indonesia ialah Palapa, sama dengan sumpah yang pernah disampaikan Gajah Mada.

9. Museum Olahraga

Museum ini mempunyai bangunan unik berupa bola. Didalamnya, Anda dapat mendapatkan banyak info mengeni keutamaan olahraga untuk kesehatan rohani dan jasmani tiap orang.

10. Museum Asmat

Seperti namanya, museum ini memperlihatkan koleksi hasil kerajinan dan kreasi seni dari suku yang menempati Papua ini.

11. Museum Komodo

Bangunan museum ini seperti binatang komodo. Didalamnya, Anda dapat menyaksikan banyak peragaan fauna di Indonesia dan bermacam info mengenainya.

12. Museum Serangga

Anda dapat menyaksikan seputar 250.000 tipe serangga. Yang tarik ialah koleksi kupu-kupunya yang berwarna-warni.


Teater

1. Teater IMAX Keong Mas

Teater ini adalah sarana terkenal sekalian selaku simbol Taman Mini Indonesia Indah yang harus didatangi. Teater IMAX Keong Emas ini benar-benar populer sebab mempunyai wujud seperti keong emas raksasa. Teater IMAX Keong Mas Teater ini mempunyai monitor sama ukuran semakin besar dari monitor-layar di beberapa teater biasanya. Di sini, diputar beberapa film berkenaan lingkungan dan kebudayaan Indonesia, disamping itu ada juga pemutaran beberapa film box office. Pengunjung bisa menyaksikan atraksi film yang mempunyai kehebatan tehnologi yang memikat. Sinematografi yang dipakai di Teater ini ialah Projector IMAX kekinian. Oleh karenanya, jika pengunjung melihat film di sini, ditanggung bisa menjadi pengalaman tidak terlewatkan.

2. Teater Tanah Airku

Teater Tanah Airku ialah teater pertama di Indonesia yang diperlengkapi dengan pentas untuk mengadakan pergelaran seni. Teater ini disokong juga dengan tehnologi kekinian pada penerangan, pengeras suara dan perlengkapan pentas yang lain.

3. Teater 4D

Teater 4D atau 4 dimensi akan membuat pengalaman melihat jadi tidak terlewatkan sebab dampak 4 dimensi yang ditimbulkannya sepanjang film diputar.


Fasilitas Hiburan Lainnya

1. Pusat Info Budaya dan Wisata

Pusat Info Budaya dan Wisata atau dapat dipersingkat jadi PIBW ini sebuah tempat terintegrasi untuk memperoleh info tentang budaya dan wisata Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Didalamnya ada teater mini, perpustakaan dan ruangan baca yang mempunyai lebih dari 40.000 koleksi buku dan 7.000 judul buku audio visual.

Di sini ada paket wisata keliling Taman Mini Indonesia Indah. Ini tentu saja dapat mengirit waktu dan uang Anda. Ada banyak opsi paket wisata yang dapat disamakan dengan keperluan Anda. Disamping itu, ada potongan harga untuk peserta yang daftar secara kelompok.

2. Wisata Kulineran

Sesudah berkeliling-keliling, tentu saja Anda perlu istirahat dan isi perut. Di Taman Mini Indonesia Indah, ada banyak tempat yang dapat Anda tentukan:

3. Kafetaria di Anjungan Wilayah

Beberapa Anjungan Wilayah sediakan kafetaria yang menyediakan kulineran ciri khas wilayah semasing. Anda dapat memakainya untuk istirahat sekalian mengenali keberagaman kulineran nusantara.

4. Puri Caping Gunung Rest and Convention

Dari terlalu jauh, tempat makan ini gampang dikenal sebab memiliki bentuk yang seperti caping atau topi petani. Puri Caping ada di muka Anjungan Nusa Tenggara. Restaurant ini menyediakan bermacam menu dimulai dari kulineran ciri khas Indonesia sampai menu internasional.

5. Pasar Tiban

Pasar Tiban bermakna pasar murah. Di pasar ini ada beberapa kios penjual makanan pada harga dapat dijangkau. Ada bermacam kulineran ciri khas nusantara yang dijajakan seperti gudeg, pecel lele, tahu campur, bajigur, siomay dan sebagainya.


Fasilitas Menginap

1. Dusun Wisata

Dusun Wisata adalah pondokan yang ada di teritori Taman Mini Indonesia Indah. Pondokan ini tawarkan situasi ciri khas perdesaan yang asri dan sejuk. Kecuali kamar, ada pulau bermacam sarana simpatisan seperti jogging trek, pentas terbuka, restaurant dan lapangan bola voli.

2. Graha Wisata Remaja

Graha Wisata Remaja ada di teritori Taman Mini indonesia Indah. Pondokan ini terdiri dari 3 lantai dengan 44 kamar ada. Harga yang dijajakan lebih dapat dijangkau dengan sarana simpatisan seperti ruangan olahraga tenis meja. Posisinya vital sebab ada tidak jauh dari stasiun kereta menggantung, water park dan beberapa museum di Taman Mini indonesia Indah.


Tiket Masuk dan Jam Membuka

Harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah untuk pengunjung adalah 20.000 rupiah per orang. Anda diwajibkan bayar kembali untuk masuk tiap sarana yang ada di dalam teritori Taman Mini Indonesia Indah.

Jam operasional Taman Mini Indonesia Indah pada weekdays dari pintu masuk ialah dari 08.00 hingga 16.00 WIB. Hal tersebut sama dengan akhir pekan, yakni di hari Sabtu dan Minggu dengan jam yang serupa. Begitupun dengan hari liburan atau tanggal merah, jam operasional yang juga sama berlaku sama. Tetapi, untuk jam operasional sarana Istana Beberapa anak Indonesia, diawali pada 08.30 WIB sampai 16.00 WIB.

Saat itu, untuk sarana Istana Beberapa anak Indonesia jam operasional cukup sedikit berlainan. Tiap hari semua sarana ini diawali pada jam 08.30 WIB sampai jam 17.00 WIB. Untuk sarana Piknik, rerata diawali pada jam 09.00 sampai 17.00 WIB pada weekdays. Dan dibuka dari jam 08.30 WIB sampai 18.00 WIB sepanjang akhir pekan.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar