6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Detinasi Wisata Pulau Morotai Maluku Utara


Sejarah Singkat Pulau Morotai

Destinasi Wisata Pulau Morotai

Pulau Morotai berada di utara Pulau Halmahera, Propinsi Maluku Utara. Pulau ini adalah salah satunya pulau paling utara di Indonesia dan adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Keelokan Morotai dengan segudang riwayat dari Perang Dunia II membuat dipanggil selaku, "Mutiara di Bibir Pasifik". Kota terbesar di Morotai ialah Daruba yang berada di samping selatan. Dibagian utara pulau ini berbatas dengan Filipina, dibagian timurnya ialah Samudera Pasifik.

Pulau Morotai yang adalah pulau paling utara Republik Indonesia populer atas keelokan lautnya. Sebab keelokan pantai dan kehidupan bawah laut yang dipunyai Pulau Morotai, tiap tahun di Pulau Morotai diadakan moment bagus yang dinanti-nantikan baik pelancong lokal atau luar negeri yakni moment "Sail Morotai". Pulau Morotai berada di Propinsi Maluku Utara, persisnya di samping utara Pulau Halmahera. Luas Pulau Morotai cuman 1.800 km persegi, tetapi berpotensi wisata yang paling memikat. Dimulai dari keelokan bawah laut, daya tarik kepulauan dan riwayat perang dunia II. Dengan keseluruhan komunitas seputar 53.000 jiwa dan luas seputar 1.800 km persegi, pulau ini mempunyai beberapa pantai dengan panorama memikat ditemani oleh rahasia keelokan bawah laut yang simpan mistis. Morotai mempunyai beberapa tempat menyelam bagus yang mampu membuat decak takjub tamu bawah lautnya.

Pulau Morotai lebih populer selaku sisi dari riwayat Perang Dunia II sebab digunakan Jepang selanjutnya diambil Amerika Serikat pada September 1944. Amerika memakai pulau ini selaku dasar gempuran pesawat saat sebelum ke arah Filipina dan Borneo sisi timur. Adalah pangkalan untuk gempuran ke Jawa pada Oktober 1945 yang diundur sesudah penyerahan diri Jepang di bulan Agustus. Warga lokal di Pulau Morotai yang ingat Perang Dunai II akan menceritakan ke Anda jika tahun 1944-1945 tempat ini adalah posisi pertarungan seru dari beberapa puluh pesawat tempur yang menderu saat tinggal landas dan landing di sejauh Teluk Daruba. Beberapa puluh ribu tentara bersebaran di tiap pojok pulau dan kapal angkatan laut bertambat bawa suplai keperluan harian tentara.

Pada 15 September 1944, tentara sekutu dari Amerika Serikat dan Australia di bawah pimpinan Panglima Pasifik Barat, Jenderal Douglas MacArthur landing di Morotai tapatnya dibagian barat daya pulau ini. Saat sebelum kehadiran sekutu ke Morotai, tentara Jepang telah lebih dulu menempati tempat itu dan membuat satu dasar pesawat. Jepang selanjutnya tinggalkan Morotai untuk memberikan dukungan pertarungan di Pulau Halmahera. Saat itu cuman sisa sekitar 500 tentara Jepang di Morotai yang bekerja untuk jaga pulau itu. Oleh karenanya, dalam jumlah itu mereka dapat segera dikalahkan pasukan Amerika Serikat.

Keelokan alam dan wisata riwayat, khususnya warisan Perang Dunia II, jadi daya magnet khusus di teritori yang berada di bibir Pasifik ini.Angkatan Laut Jepang selanjutnya usaha merampas kembali lagi pulau ini tapi tidak berhasil. Saat Jepang tinggalkan Morotai, Jenderal MacArthur menyaksikan hal itu selaku peluang emas untuk menggantikan sebab posisinya vital untuk merampas kembali lagi Filipina dari Jepang. Seputar lebih dari 50 ribu tentara sekutu ditaruh di Morotai dan MacArthur membuat beberapa dasar pesawat dan rumah sakit besar dengan 1.900 tempat tidur didalamnya. Sepanjang Perang Dunia II berjalan, pasukan Sekutu lagi tempati Morotai sampai pada akhirnya Jepang berserah tahun 1945 dan Pasukan Sekutu tinggalkan pulau itu.


Wisata di Wilayah Pulau Morotai

1. Tanjung Gorango

Tanjung Gorango berada antara dusun Gorua Dan Korago kecamatan Morotai Utara. Tempat ini populer atas Keelokan alamnya, laut yang biru dan jernih, pohon-pohon hijau yang asri , Dan Bentangan pasir putih di Sejauh Pinggir.


2. Tanjung Sopi

Tanjung Sopi adalah lokasi yang ditunggukan ole pada peselancar sebab ombak di sini lumayan tinggi yang membuat pas untuk berseluncur. Untuk capai Tanjung Sopi , Anda bisa sewa mobil Dari kota Daruba. Kecuali untuk berseluncur, di Tanjung Sopi tedapat mercusuar Raksasa, Anda bisa naiki mercusuar ini dan menyaksikan dengan bebas seluruh keelokan Pantai Tanjung Sopi.


3. Pantai Gorua

Pantai Gorua ada dekat sama Tanjung Gorango, Yakni di dusun Gorua, Kecamatan morotai Utara. Di dusun ini, pengunjung akan disongsong dengan keramahan warga di tempat. Di Pantai Gorua, pengunjung akan melihat bentangan pasir putih yang cantik dan memikat. Tidak jauh dari Pantai Gorua ini, ada makam tua yang oleh warga di tempat dikatakan sebagai lokasi yang keramat.


4. Pantai Rorasa

Pantai Rorasa terhitung salah satunya objek wisata yang cukup populer di Morotai. Berikut kenapa dibanding dengan pulau yang lain, keadaan Pantai Rorasa makin lebih ramai. Bila Anda pengin bertandang dalam situasi yang lebih sepi hadirlah di hari biasa. Tetapi, bila Anda tidak begitu memiliki masalah dengan situasi itu, akhir minggu jadi waktu terhebat untuk bertandang ke objek wisata di Morotai ini. Untuk sampai ke situ Anda perlu mencapai Dusun Buho Buho dari Kota Daruba dan kota yang lain.


5. Air Terjun Leo-leo

Sesuai namanya, Air Terjun Leo-leo berada di dusun Leo-Leo kecamatan morotai Selatan Barat, Pulau Berbau. Dari kota Daruba Ke arah Pulau Berbau, bisa dilakukan Seputar 2 jam memakai speedboat. Air Terjun Leo-leo mempunyai ketinggian seputar 10 mtr. lebih dengan sumber mata air berawal dari beberapa sungai disekelilingnya.


6. Air Terjun Nakamura

Disebur Air Terjun Nakamura sebab wilayah ini adalah basis Tentara Jepang yang namanya Nakamura Waktu Perang Dunia II. Air terjun Nakamura memiliki air yang jernih dan beri kesegaran.


7. Air Kaca Morotai

Berlibur ke Pulau Morotai Anda bisa juga berkunjung Air Kaca Morotai. Di sini Anda dapat menyaksikan satu sumber mata air yang paling jernih. Dahulu, sumber mata air ini dipakai selaku tempat mandi dari Jendral Mac Arthur. Hal tersebut yang jadikan sumber mata air ini dikenal juga bernama Mata Air Mac Arthur. Sampai saat ini, beberapa masyarakat masih memakai sumber mata Air Kaca Morotai untuk kepentingan setiap hari.


8. Pulau Sum-sum (Zum-zum)

Pulau Sum-sum (zum-zum) populer dengan cerita riwayat yang mengundang perhatian. Tempat wisata Di Morotai ini jadi salah satunya pulau yang mempunyai nilai riwayat tertentu. Dikisahkan pada jaman dulu, Pulau Sumsum dipakai selaku basis peristirahatan untuk Jendral Douglas Mac Arthur yang disebut pimpinan dari pasukan sekutu di teritori Asia Pasifik. Hal tersebut yang jadikan Pulau Sumsum juga dikenal bernama Zum-Zum Mc. Arthur Island. Kecuali keelokan pantai berpasir putih, Anda akan mendapati beberapa warisan riwayat seperti rumah Mac Arthur, Monumen Mac Arthur, sampai Gua Pusat Instruksi dan tempat pendaratan tank amfibi. Untuk ingat riwayat perand dunia II dan Jenderal Douglas Mc Arthur, dibuatlah monument Mc Arthur di Pulau Sum-sum ini. Disamping itu, Pulau Sum-sum tawarkan keelokan pantai pasir putir yang berkerikil. Pantai ini benar-benar pas untuk Anda yang pengin menentramkan diri sebab situasinya yang sepi.


9. Pulau Dodola

Pulau Dodola adalah salah satunya objek wisata di Morotai yang lagi ditingkatkan oleh pemda Morotai pada era ke-15 sampai era ke-16 ada di bawah kekuasaan Kesultanan Ternate. Portugis sempat berkunjung di sini tapi tidak diterima Kesultanan Ternate dan Halmahera hingga Portugis juga keluar. Pulau Dodola mempunyai Bentangan Pantai Pasir putih yang paling luas yang menyambungkan Pulau Dodola Besar Dan Dodola Kecil. Pantai di Pulau Dodola benar-benar istimewa sebab bentangan pasir yang dipunyai jadi penyambung dua pulau sekalian.Di Pulau Dodola, Anda akan menemui dua tipe pasir yang lain, yakni kasar Dan Lembut. Pulau Dodola bisa dicapai dengan lumayan gampang memakai speedboat dengan waktu pintas seputar 30 menit.


10. Pulau Posiposi-Rao

Batu Kopi berada di pesisir Pantai Pulau Posiposi-Rao, Kecamatan Morotai Selatan Barat, Kabupaten Pulau Morotai. Batu Kopi ini benar-benar unik sebab menyebarkan wewangian kopi pada pukul 8-10 pagi dan jam 3-5 sore, walau sebenarnya di seputar batu ini tidak ada tanaman kopi.


11. Pulau Kolorai

Pulau Kolorai jangan tertinggal masuk di dalam bucketlist Anda waktu bertandang ke Pulau Morotai. Dengan keadaan ombak yang condong tenang Anda dapat lakukan banyak aktivitas memikat di sini dimulai dari berenang sampai snorkeling. Di teritori Mrorotai sendiri Pulau Kolorai adalah rumah untuk beberapa nelayan di situ. Tapi tenang, walau terhitung permukiman situasi di sini masih lumayan sepi hingga pas untuk rileksasi. Menariknya, bertandang ke Pulau Kolorai Anda dapat melihat Festival Kolorai. Pada Festival itu beberapa wisata dibolehkan untuk turut beberapa kegiatannya, seperti Tikar Tradisi, Kabilano sampai Susiru.


12. Pulau Tabailenge

Pulau Tabailenge ada di Samping timur pulau Morotai. Untuk capai Pulau Tabailenge, Anda harus lakukan Perjalanan Dari kota Daruba Ke arah dusun Bere-Bere. Kelebihan pulau Tabailenge yakni keelokan Pantai Pasir putihnya yang paling bersih dan masih murni. Di pantai ini, anda bisa bermain pasir dan melihat sunset.


13. Pulau Kokoya

Pulau Kokoya adalah pulau yang eksotis antara pulau-pulau di seputar Pulau Morotai. Pulau Kokoya tidak berpenghuni tetapi mempunyai pantai yang paling mengagumkan. Di sini Anda akan mendapati panorama berbentuk pantai pasir putih yang bersih dan benar-benar halus. Tidak seperti pulau-pulau yang lain, Pulau Kokoya adalah pulau tidak berpenghuni. Anda bisa mencapainya dengan memakai kapal cepat dari Kota Duraba. Anda juga dapat lakukan banyak aktivitas memikat dimulai dari memancing, snorkeling, diving sampai berenang. Disamping itu, karakter pantai di Pulau Kokoya sedikit berlainan adanya terumbu karang yang terbentang di sekitar pulau. Pantai Kokoya terdiri dari 2 tipe, Yakni Pantai berpasir putih Dan Pantai berbatu karang. Untuk dapat sampai di Pantai Kokoya, Anda bisa sewa speedboat Dari kota Daruba dengan waktu pintas perjalanan seputar 30 menit.


14. Museum Peranan Dunia II

Bukan hanya pantai dan pulau saja yang memikat buat Anda datangi di teritori Morotai dan juga tempat wisata berbentuk Museum Perang Dunia II. Beberapa benda yang berada di museum ini adalah benda koleksi individu yang disembahkan oleh beberapa masyarakat. Didalamnya Anda akan menyaksikan bermacam benda monumental berkenaan peperangan Battle of Morotai. Kecuali didatangi oleh pelancong lokal, pelancong luar negeri terutamanya beberapa veteran perang yang dari Australia dan Amerika cukup kerap kesini untuk menyaksikan tapak jejak nenek moyang mereka.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar