6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Destinasi Wisata Taman Nasional Wakatobi


Taman Nasional Wakatobi

Destinasi Wisata Taman Nasional Wakatobi


Sekut.net - Taman Nasional Wakatobi adalah teritori taman laut nasional dalam daerah Kabupaten Wakatobi, Propinsi Sulawesi Tenggara. Tempat ini jadi surga di pusat Terumbu Karang Dunia dengan kekayaan biotanya. Sekalian adalah objek wisata bahari untuk beberapa petualang alam bawah laut. Taman nasional Wakatobi adalah salah satunya surga bawah laut terindah di dunia. Kabupaten Wakatobi terdiri dari 4 pulau khusus, yakni Harumwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Kecuali ke-4 pulau itu, ada banyak pulau kecil yang lain ada di daerah Wakatobi, diantaranya Pulau Hoga, Kapota, Anano dan Rundumana. Taman nasional Wakatobi berada di terlepas pantai Propinsi Sulawesi Tenggara. Dari pulau khusus, ke arah Taman nasional wakatobi, perlu lewat kepulauan Buton.

Wakatobi disahkan selaku taman nasional tahun 1996 dengan keseluruhan tempat selebar 1,39 juta hektar, tersangkut keberagaman hayati laut dan karang yang tempati salah satunya status fokus paling tinggi dari pelestarian laut di Indonesia. Keelokan dan kekayaan teritori Taman Nasional Wakatobi sesungguhnya telah populer di luar negeri, khususnya sesudah Ekspedisi Wallacea dari Inggris di tahun 1995 yang mengatakan jika teritori di Sulawesi Tenggara ini benar-benar kaya spesies koral. Di Taman Nasional Wakatobi ada 750 dari keseluruhan 850 spesies koral yang berada di dunia. Komposisi kedalamannya beragam dimulai dari datar sampai melandai ke laut dan di sejumlah wilayah perairan ada yang bertebing terjal. Sisi terdalam perairannya capai 1.044 meter. Untuk masuk teritori taman nasional ini dapat disebutkan lumayan mahal. Tetapi dengan penawaran keelokan alam bawah lautnya benar-benar pantas untuk didatangi.


Wisata dan Daya Tarik Taman Nasional Wakatobi

Selaku wilayah object wisata internasional, sarana yang dimilki kabupaten ini telah termasuk komplet. Dimulai dari sarana jalan yang ideal, taksi yang banyaknya cukup, tempat makan yang termasuk bersih, dan pondokan demgan harga dapat dijangkau. Pondokan di wakatobi ada berfariasi, dimulai dari harga 100 ribu per malam, sampai ke yang 500 ribu permalamnya. Jadi penyeleksian bsia disamakand negan isi kantong kita.

Bermacam rutinitas memikat dapat dikerjakan pelancong di sini. Menyelam jadi salah satunya rutinitas favorite. Untuk yang belum memiliki lisensi menyelam, dapat beraktivitas lain seperti snorkeling. Berikut bermacam aktivitas wisata yang dapat dikerjakan di taman nasional ini. Keelokan alam taman laut ini telah populer di dunia semenjak Ekspedisi Wallacea tahun 1995. Kawasannya jadi dambaan untuk beberapa pencinta selam (diving) untuk menelusuri kekayaan alam perairannya. Pelancong bisa nikmati lebih dekat panorama keelokan pemandangan alam bawah laut. Rutinitas wisata menyelam di Wakatobi dikuasai oleh penyelaman dinding atau wall diving. Hal itu sebab terumbu karang di teritori ini memiliki kemiringan yang cukup curam. Beberapa puluh titik posisi penyelaman menyebar di sini, seperti seperti Hoga Kanal dan Karang Runduma.

Wakatobi mempunyai keelokan terumbu karang dan biota laut menarik dan air yang jernih. Waktu menyelam, pelancong bisa menemui gurita, udang karang, nudibranch, ikan napoleon atau kerapu. Beberapa spot penyelaman mempunyai kelebihan di mana masih ditemui agregasi ikan bertelur. Di sini pelancong dapat nikmati situasi pantai dengan panorama cantik. Beberapa salah satunya yakni Pantai Molii Sahatu, Pantai Sousu, Pantai Waha, dan Pantai Hoga. Opsi yang lain Pantai Sombano, Pantai Peropa, Pantai Huntete, Pantai Soha, Pantai Onemobaa, atau Pantai Palahidu.

Taman nasional ini dikitari pantai dari pulau-pulau karang sejauh 600 km. Objek wisata pantai yang prospektif juga menyebar di semua daerah Wakatobi. Pelancong bisa menyaksikan gradasi warna yang cantik dari daerah peisir sampai ke perairan lautnya. Nikmati waktu berlibur, pelancong bisa santai nikmati nuansa tenang dengan pasir bersihnya. Pantainya yang agak miring memungkinkannya pelancong bebas habiskan waktu liburan. Pelancong dapatmenyusuri garis pantai, duduk di bawah pohon kelapa sampai berekreasi riang bersama. Teritori wisata taman laut ini mempunyai air laut yang demikian jernih. Ini membuat intensif matahari cukup banyak tembus perairan dangkalnya.


Berikut beberapa kegiatan atau aktivitas yang dapat Anda lakukan di sekitaran wilayah taman nasional ini.

1. Menyelami Nirwana Bawah Laut Tomia dan Onemohute

Aktivitas terpopuler waktu berkunjung Wakatobi ialah menyelami keelokan bawah lautnya yang fantastis. Sebagian besar daerah perairan Wakatobi menjadi tempat menyelam atau snorkeling, tetapi yang terpopuler ialah Onemohute di Harum-Wangi dan Roma (Roma's Reef) di Tomia. Jangan cemas bila kamu tidak dapat menyelam, kamu dapat sebatas snorkeling atau bercengkrama dengan beberapa lumba-lumba yang sering tampil di permukaan.Salah satunya tempat terhebat untuk menyaksikan lumba-lumba ialah di Dermaga Mola Raya yang bisa diraih dalam kurun waktu 20 menit dengan perahu sewaan dari Kota Wanci, Harum-Wangi.

Keelokan bawah laut Taman Nasional Wakatobi adalah sisi dari jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia. Keberagaman hayati laut, rasio dan keadaan karangnya tempati fokus paling tinggi pelestarian laut Indonesia. Rangkaian kepulauan dengan terumbu karang terindah di dunia, bak surga riil bawah laut. Pariwisata bahari jadi unggulan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Bentangan terumbu karangnya benar-benar luas di sejauh perairan dengan topography bawah laut. Berwarna-warni dan bermacam wujud seperti slop, flat, drop-off, atoll, dan gua bawah air.

Taman Nasional Wakatobi mempunyai ‘tamu' setia yang jadikan perairan Wakatobi selaku taman bermainnya. Mereka ialah tipe ikan paus sperma (Physeter macrocephalus) yang tampil secara periodik. Temanan paus sperma umumnya ada di Wakatobi di bulan November, waktu belahan bumi lain membeku. Di saat itu, perairan Wakatobi lebih hangat dan banyak pakan untuk temanan paus. Wakatobi jadi tempat bermain ikan pari manta (Manta ray) yang badannya termasuk memiliki ukuran raksasa. Pari manta adalah tipe ikan ciri khas yang cuman ada di perairan tropis. Kehadiran rangkaian terumbu karang dan kedalamannya membuatnya bagus untuk bermacam tipe biota laut untuk tinggal.


2. Memancing Berbagai Macam Spesies Ikan

Kekayaan ikan yang dipunyai taman laut ini seputar 93 tipe jumlahnya. Salah satunya, Cephalopholus argus, takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), dan napoleon (Cheilinus undulates). Ikan merah, baronang, Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus dapat ditemui. Pelancong bisa manfaatkan kekayaan tipe ikan ini dengan memancing. Tiap posisi perairan mempunyai kekhasan semasing dengan spesies ikannya. Pelancong dapat nikmati waktu menanti pancingan dengan santai di atas perahu.


3. Pantai Cemara

Pantai Cemara posisinya tidak jauh dari pusat perkotaan pulau Harum-Wangi. Sarana umum untuk beberapa pelancong lumayan komplet. Di sini, pengunjung dapat mendapati warung makan dengan gampang sekedar untuk isi perut yang lapar. Buat pengunjung yang tidak dapat menyelam, di sini ada pelatihan menyelam. Disamping itu, ada banyak permainan air seperti banana boat yang hebat dan membahagiakan.


4. Pantai Pulau Hoga

Pasir putihnya yang halus dan beningnya air pantai membuatpengunjung lupa waktu. Pulau Hoga condong semakin tenang bila dibanding dengan pulau khusus yang lain di Wakatobi. Pengunjung dapat menginap di Hoga Dive Resor dan rasakan kesan pantai yang sepi. Listrik di pulau ini cuman ada start pukul 18.00 sampai 00.00 WIT. Tetapi ini bukanlah permasalahan. Malah Sebab bebas dari pencemaran sinar, karena itu Pulau Hoga bisa juga menjadi tempat stargazing yang mengagumkan. Seperti menyaksikan langit bali di waktu malam nyepi.


5. Pulau Seribu Penyu, Pantai Pulau Anano

Pulau Seribu Penyu ini adalah pulau kecil tidak berpenghuni di Wakatobi. Diberi nama seribu penyu, sebab disini posisi koloni penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur. Beberapa macam penyu jadikan taman ini selaku rumah mereka. Seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea). Pelancong bisa menemui kedatangan mereka di teritori pantai atau rangkaian pulaunya. Pantainya juga cantik dengan pasir putih yang lembut dan air pantai yang paling bening. Jangan terlewat panorama matahari terbenam di Pantai Anano yang mengagumkan cantik.


6. Pulau Binongko

Seperti pulau-pulau lain di Wakatobi, Pulau Binongko populer sebagi spot untuk menyelam dan snorkeling. S ebagian besar Dusun di Pulau Binongko termasuk masih tradisionil. Pulau Binongko dikenali dengan ketrampilan beberapa pintar besinya yang sanggup membuat bermacam jenis perlengkapan besi dan baja dengan kualitas yang bisa dihandalkan. Produk besi dan baja dari pulau ini bahkan juga bisa saja adalah yang terhebat di Indonesia lho. Pengunjung dapat saksikan secara langsung proses penukangan besi dan baja di sini.


7. Pucuk Kahyangan, Pucuk Tomia

Samasebutannya, object wisata ini populer dengan keelokannya. Pucuk Kahyangan berada di Pulau Tomia, ialah bukit rumput yang menyediakan panorama Wakatobi dari ketinggian. Tempat adalah posisi favorite photografer untuk melihat sunset. Pengunjung dapat menginap di tempat bukit-bukit dan nikmati panorama langit berbintang Tomia yang jauh dari pencemaran sinar kota. Saat pagi hari, pengunjung disajikan sunrise cantik.


8. Kolam Mudah Jodoh, Goa Kontamale

Terdaftar ada sekitar 12 goa yang menyebar di Pulau Harum-Wangi, Kaledupa dan Tomia. Salah satunya yang terkenal ialah Gua Kontamale di Wanci, Harum-Wangi. Goa ini kerap dikatakan sebagai Goa Telaga, sebab air yang ada di bibir gua seperti satu telaga. Di langi-langit goa banyak ditemui stalagnit yang memesona. Dengan airnya yang jernih, banyak warga manfaatkan goa ini selaku sumber air untuk mandi dan membersihkan. Keyakinan lokal menjelaskan mandi di sini dapat membuat mudah jodoh.


9. Rimba Lindung Tindoi

Rimba Tindoi adalah rimba lindung yang dikeramatkan oleh masyarakat di empat dusun, yaitu; Dusun Posalu, Dusun Waginopo, Dusun Tindoi dan Dusun Tindoi Timur. Rimba ini berada pada ketinggian 800 m dari permukaan laut dan memiliki jarak seputar 10 km dari Kota Wanci. Di sini pengunjung bisa banyak mendapati tumbuhan ciri khas rimba hujan tropis yang eksotis dan mempersejuk. Pohon-pohon yang besar menambahkan kesegaran situasi rimba ini.


10. Rimba Mangrove

Taman Laut Wakatobi mempunyai teritori rimba bakau yang paling luas dan cukup rimbun. Diantaranya rimba mangrove di Pulau Kaledupa yang adalah habitat 33 spesies burung. Keseluruhan luas kawasannya capai 37,5 hektar dengan 9 tipe bakau. Beberapa pelancong dapat naik perahu untuk mengenali lebih dekat sama telusuri teritori bakau. Posisi ini diperlengkapi dengan jembatan titian, pusat info dan pemasaran kenang-kenangan hasil kreasi masyarakat. Disamping itu ada juga menara awasi apung untuk lakukan wisata pengawasan burung. Sore hari ialah waktu yang pas untuk pelancong berkunjung posisi ini. Situasi yang magic berasa waktu matahari perlahan-lahan tenggelam kembali pada peraduannya. Cahaya jingga kemerahannya nampak mempesona menerobos celah-celah rimbunnya rimba mangrove.


11. Danau Sombano

Danau Sombano berada di teritori Rimba Mangrove Pulau Kaledupa. Bermacam tipe tanaman cantik seperti anggrek dan bermacam spesies pandan berada di tempat ini. Kamu kemungkinan tertarik untuk berenang, tetapi masyarakat di tempat tidak menganjurkannya sebab ada satu legenda mengenai buaya hitam Danau Sombano yang dicemaskan akan tampil saat kamu berenang di sini. Walau tidak disarankan untuk berenang, keelokan Danau Sombano masih memikat siapa saja yang mendatanginya kok.


12. Wisata Kulineran Tradisionil Wakatobi

Jangan terlewat juga kulineran lokal tradisionil masyarakat Wakatobi yang dapat kita temui di beberapa warung makan. Salah satunya yang harus dicoba ialah kusami, parende dan laluta yang rasa-rasanya akan membuat suka. Bukan hanya dapat nikmati minuman dan makanan yang nikmat, keelokan alam seputar pasti menambahkan nikmat waktu makan.


13. Festival Tahunan

Masuk teritori taman nasional, pelancong dapat mengenali lebih dekat kehidupan penduduknya. Seperti mengenali langkah hidup, tradisi, adat, asal mula, seni dan budaya suku Bajoe. Kehuidupan dan pekerjaan suku yang mendapatkan panggilan manusia laut ini tidak terlepas dari laut. Pemerintahan Wakatobi juga memberikan dukungan promo budaya tradisi istiadat wilayahnya dengan diadakannya bermacam festival. Pemerintahan wakatobi giat lakukan promo pariwisata lewat bermacam festival tahunan. Salah satunya yang terkenal ialah Wakatobi Wave Festival yang diselenggarakan tiap bulan November. Festival dipusatkan di Pulau Harum-Wangi. Pengunjung bisa melihat bermacam budaya Wakatobi, seperti tarian tradisionil, makanan tradisionil, permainan rakyat, musik dan karnaval baju. Festival ini diadakan sepanjang satu minggu ini.

Festival yang lain semarak ialah Sail Indonesia. Sail Indonesia adalah moment internasional untuk mempromokan pariwisata Indonesia. Beberapa pelancong akan dibawa lakukan pelayaran lawatan ke sejumlah pulau, diantaranya ialah Wakatobi. Kecuali nikmati keelokan alam seputar, beberapa pelancong akan disajikan dengan bermacam jenis upacara tradisi masyarakat di Wakatobi. Ada juga Festival Barata Kahedupa yang dikerjakan tiap bulan September. Acara pokok Barata Kahedupa ialah Karia. Dengan bahasa lokal berarti kesemarakan. Ritus yang unik ialah Ritus porimbi-rimbia atau adat pra-perjodohan untuk anak lelaki dan wanita. Dalam ritus ini, orangtua dari anak lelaki akan berkunjung orangtua anak wanita bersama-sama dengan acara persembahan makanan, tanaman pangan dan uang yang diperuntukkan selaku wujud awalnya mengajukan permintaan menyunting.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar