6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Destinasi Wisata Pura Uluwatu Bali Selatan


Pura Uluwatu

Sekut.net - Tempat wisata di Bali selatan yang paling populer sampai ke luar negeri salah satunya ialah objek wisata Pura Uluwatu Bali. Pura Uluwatu berada di Dusun Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, seputar 30 kilometer menuju selatan dari kota Denpasar. Pura Uluwatu yang disebutkan Pura Luwur ini adalah satu dari Pura Sad Kahyangan, yakni enam Pura Kahyangan yang dipandang seperti pilar religius Pulau Bali.

Ada dua opini mengenai riwayat berdirinya pendirian Pura Uluwatu. Ada opini yang menjelaskan jika pura ini dibangun oleh Empu Kuturan pada era kesembilan, yakni pada periode pemerintah Marakata. Opini lain menyangkutkan pembangunan Pura Uluwatu dengan Dang Hyang Nirartha, seorang pedanda (pendeta) yang dari Kerajaan Daha (Kediri) di Jawa Timur. Dang Hyang Nirartha tiba ke Bali di tahun 1546 M, yakni pada periode pemerintah Dalam Waturenggong. Si Pedanda selanjutnya membangun Pura Uluwatu di Bukit Pecatu. Sesudah lakukan perjalanan religius berkeliling-keliling Pulau Bali, Dang Hyang Nirartha kembali pada Pura Uluwatu. Di pura berikut Si Pedanda 'moksa', tinggalkan 'marcapada' (dunia) ke arah 'swargaloka' (surga). Upacara atau 'piodalan' peringatan hari jadi pura jatuh di hari Anggara Kasih, wuku Medangsia dalam penanggalan Saka. Umumnya upacara itu berjalan sepanjang tiga hari beruntun dan dituruti oleh beberapa ribu umat Hindu.

Pura Uluwatu Bali, mempunyai posisi selaku Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga kutub mata angin pulau Bali. Posisi pura berada di atas satu bukit karang dengan ketinggian seputar 97 meter di permukaan laut. Sebab posisi pura yang ada di atas tebing batu karang, karena itu pura ini diberi nama Uluwatu, yang dengan bahasa Sanskerta bermakna pucuk batu karang. Pura Uluwatu tempati tempat dalam suatu tebing yang tinggi yang menjuru ke Samudera Indonesia dengan ketinggian seputar 70 m di permukaan laut. Sebab terletak di atas tebing, untuk sampai ke posisi pura orang harus berjalan mendaki tangga batu yang lumayan tinggi. Bangunan pura ini menghadap menuju timur, berlainan dengan pura lain di Bali yang biasanya menghadap menuju barat atau ke selatan. Di sejauh jalan di pinggir luar pura ada beberapa ratus kera yang berkeliaran. Meskipun terlihat jinak, kera-kera itu sering mengusik pengunjung dengan menyerobot makanan atau beberapa barang yang dikenai.

Destinasi Wisata Pura Uluwatu Bali Selatan

Posisi berdirinya bangunan pura Pura Uluwatu, membuat pelancong yang tiba bertandang, bukan hanya bisa nikmati situasi yang keramat dan spiritual, dan juga panorama yang cantik dan unik. Berlainan dengan panorama yang berada di objek wisata pura Tanah Lot, pelancong yang berekreasi ke Pura Uluwatu akan melihat luasnya bentangan Samudra India, dengan ombak yang menghajar kaki tebing. Disamping itu, pelancong dapat nikmati cantiknya panorama matahari tenggelam tanpa rintangan yang merintangi panorama sunset.

Di ujung jalan yang mendaki ada dua pintu masuk di komplek pura, satu berada di samping utara dan satu kembali di samping selatan. Pintu masuk itu berupa gapura bentar dan dibuat dari batu. Di muka gapura ada sepasang arca berupa manusia berkepala gajah dalam status berdiri. Dinding depan gapura dihias pahatan yang paling lembut memiliki motif daun dan bunga. Di samping dalam, dibalik gapura, ada satu lorong berlantai batu berundak, ke arah pelataran dalam. Lorong terbuka ini diteduhi oleh pohon yang ditanamkan di sejauh kiri dan kanan lorong.

Pelataran dalam adalah pelataran terbuka. Lantai pelataran tertutup oleh lantai batu yang teratur rapi. Di dekat gapura, disamping utara, ada bangunan kayu. Di samping barat, berseberangan pada jalan masuk, ada satu gapura paduraksa yang disebut jalan masuk di pelataran yang lebih dalam kembali. Berlainan dengan gapura luar, gapura ini adalah gapura beratap yang dibuat dari batu. Tingkat pintu berupa lengkungan dan dibingkai oleh formasi batu. Di atas tingkat ada pahatan kepala raksasa. Pucuk gapura di seperti mahkota dan dihias dengan bermacam pola pahatan. Sela antara gapura dengan dinding di kiri dan kanan pelataran tertutup oleh dinding yang dihias dengan pahatan.

Di samping selatan ada pelataran kecil berupa memanjang dan menjuru menuju laut. Di ujung pelataran ada satu bangunan kayu yang terlihat seperti tempat orang sekedar duduk sekalian melihat lautan. Semenjak dibanunannya, Pura Uluwatu sudah banyak kali jalani pemugaran. Bahkan juga seputar tahun 1999, bangunan pura ini sempat terbakar karena sikatan petir.

Pelancong yang tidak bawa bekal minuman atau makanan, tak perlu cemas. Karena di seputar teritori lokasi untuk berlibur ini ada beberapa warung yang jual minuman dan makanan. Disamping itu, pelancong dengan gampang mendapati banyak restaurant yang menyediakan bermacam menu minuman atau makanan pada harga yang beragam. Selain itu, untuk pelancong yang pengin bermalam di seputar posisi tempat wisata Uluwatu, ada beberapa pondokan dengan bermacam tipe dimulai dari kelas pondok, villa, sampai hotel berbintang.


Atraksi Tari Kecak Di Pura Uluwatu

Kecuali daya magnet arsitektur pura dan keelokan panorama sunset, pelancong dapat melihat atraksi tari tradisionil Bali, yakni Tari Kecak Bali. Tari Kecak Uluwatu dimainkan oleh 50 – 100 orang penari. Penari Kecak akan duduk melingkar dan menggunakan kain sarung warna hitam putih. Beberapa penari Kecak sejumlah besar ialah lelaki dan lakon yang dikisahkan umumnya narasi Ramayana. Keunikan tari Kecak ialah suara cak,cak, cak yang disampaikan oleh penari lelaki yang sama-sama bersahut-sahutan. Waktu atraksi tari kecak Uluwatu dilakukan pada sore hari mendekati sunset, persisnya dipentaskan pada jam 18.10 – 19.00 waktu Bali. Sebab atraksi tarian Kecak di Uluwatu benar-benar populer dan dicintai pelancong, supaya kebagian tiket atraksi tari kecak Uluwatu, Anda sebaiknya pesan lebih dulu saat sebelum datang di Bali. Langkah pesan tari Kecak benar-benar gampang, sebab Anda bisa pesan online.


Harga Tiket Masuk dan Jam Membuka

Jam membuka untuk pelancong bertandang ke pura Mulia Uluwatu dari 07:00 – 19:00. Tetapi, untuk mereka yang pengin sembahyang, pura dibuka sepanjang 24 jam. Sarana umum seperti toilet ada, tapi toilet ada di tempat luar pura. Umumnya wisatawan, saat berkunjung Pura Uluwatu, pilih jam 17.00 WIB sore untuk mendatanginya. Sebab sinar matahari tidak panas, dan panorama matahari tenggelam akan diawali pada sebuah jam.

Hampir semua objek wisata di pulau Bali akan kenakan ongkos tiket masuk untuk pengunjung. Untuk Pura Uluwatu, harga tiket dipatok sebagai berikut:


Dewasa           : Rp30.000 per orang (Domestik), Rp50.000 per orang (Mancanegara)

Anak-Anak     : Rp20.000 per orang (Domestik), Rp30.000 per orang (Mancanegara)

Parkir Mobil    : Rp5.000 per mobil

Tari Kecak      : Rp100.000 per orang


Di Pura Uluwatu ini kawasan parkirannya sangatlah luas dan berdekatan dengan lokasi wisata, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mencari lokasi parkirannya dan kehabisan.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar