6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Destinasi Wisata Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur


Tempat Destinasi Wisata Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur


Pulau Komodo

Pulau Komodo ada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk ke teritori Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil yang lain. Secara administratif, pulau ini ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan bersebelahan langsung dengan Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Taman Nasional Komodo Pulau ini adalah habitat asli binatang komodo, semacam kadal raksasa pemakan daging. Di Pulau Komodo ada lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Anda dapat menyaksikan komodo yang lagi membidik mangsanya di beberapa posisi dalam tempat ini. Penting untuk berkeliling-keliling bersama pemandu untuk fakta keselamatan sepanjang ada di sini.

Di tahun 1986, UNESCO memutuskan Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di teritori Taman Nasional Komodo selaku situs peninggalan dunia sebab kehadiran komodo yang cuman dapat dijumpai di teritori ini. Habitat dari hewan yang hampir musnah ini ialah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih dan rimba hujan tropis.

Pulau Komodo raih penghargaan selaku New Seven Wonders of Nature yang disebut penghargaan untuk tujuh tempat wisata alam terhebat di dunia. Penetapan juara didapat hasil dari voting dan riset beberapa pakar, pulau Komodo sukses raih voting paling tinggi bersama enam tempat wisata yang lain yakni Air Terjun Iguazu, Rimba Amazon, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Teluk Halong, Pulau Jeju dan Table Mountain.

komodo Komodo sendiri adalah binatang reptil semacam kadal raksasa pemakan daging yang panjangnya dapat capai 2 – 3 meter dengan berat 100 – 165 kilogram. Binatang ini mempunyai nama ilmiah Varanus Komodoensis, sedang masyarakat di tempat menyebutkan binatang ini bernama ‘Ora'. Bila disaksikan, komodo benar-benar menakutkan, dengan tubuh yang besar, kuku yang tajam, kulit yang bersisik dan mempunyai lidah bercabang dua yang terus menjulur. Mangsa khusus komodo ialah babi, kuda, rusa, musang, kerbau dan beruk.

Di kelompok penyelam, Pulau Komodo, selaku salah satunya sisi dari Taman Nasional di Indonesia ini diketahui dengan spot bawah lautnya yang paling cantik. Tidaklah aneh, ingat ada lebih dari 1000 spesies ikan dan lebih dari 260 spesies karang di teritori pelestarian alam ini.


Sejarah Pulau Komodo

Bila melihat dari narasi rakyat di tempat, pada Zaman dulu hidup seorang Putri Naga yang menikah dengan pemuda biasa namanya Moja di Pulau Komodo ini. Anak dari pasangan ini adalah kembar lelaki tetapi terbagi dalam 2 spesies, yakni sang manusia dinamakan Gerong dan sang kadal besar dinamakan Orah. Mereka hidup terpisah dan satu saat Gerong pengin membunuh Orah waktu memburu tetapi dihindari oleh si ibunda. Mulai sejak di mana Gerong mengenali bila Orah ialah saudaranya, semenjak waktu itu juga warga disitu perlakukan Komodo seperti keluarga.

Tetapi bila melihat dari riwayat ilmiah, Komodo tampil seputar 40 juta tahun lalu di Asia. Pada 15 juta tahun lalu, beberapa kadal raksasa ini lakukan migrasi ke arah Australia sampai Indonesia. Komodo lalu menempati pulau khusus dan adalah pulau paling besar di teritori Taman Nasional di Indonesia ini semenjak waktu itu. Pulau ini diketemukan oleh Orang Belanda di tahun 1910.  Pulau Komodo Di tahun 1910, Letnan Steyn Van Hens Broek ke Pulau Komodo untuk menunjukkan laporan pasukannya yang menjelaskan jika ada binatang seperti naga di pulau ini. Broek bersama pasukannya yang telah terbiasa selanjutnya memilih untuk tiba ke pulau ini untuk mengincar binatang itu. Ia dan pasukannya sukses membunuh satu komodo yang selanjutnya dipotret dan dikirimkan ke Botanical Garden di Bogor.

Tahun 1912 ialah tahun awal kali kehadiran komodo dijumpai umum lewat jurnal yang dicatat Peter A. Ouwens dan termuat di media massa harian punya Hindia Belanda. Ouwens adalah Direktur Museum Zoologi di Bogor. Selanjutnya di tahun 1915, pemerintah Belanda mulai larang perburuan komodo sebab cemas binatang ini akan musnah.


Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Teritori Taman Nasional ini tidak mempunyai agenda sah hingga kamu dapat bertandang di saat kapan pun. Tetapi sebaiknya bertandang waktu bulan Juni-Juli sebab cuacanya pas dipakai untuk berekreasi. Pada saat itu, daya pandang air akan nampak terang karena cahaya matahari yang jelas. Tetapi bila kamu mengharap menyaksikan Komodo pada bulan Juli, kamu sedikit akan sedih karena pada periode itu, Komodo telah masuk musim kawin dan akan masuk di rimba. Jadi sebaiknya tiba saja pada bulan Juni. Ongkos masuk di Pulau ini sejumlah 90.000 rupiah per orang dan telah terhitung ongkos untuk trackking dan berkunjung Pulau Rinca dan Tadar.


Berkunjung ke Pulau Komodo

Menegur Komodo lewat Daya tarik Travel Untuk ke arah habitat Komodo, kita harus mendaki Gunung Ara sepanjang 3-4 jam lama waktunya. Kita dapat menyaksikan hewan ini di Loh Buaya yang berada di Pulau Rinca. Waktu tempuhnya cuman seputar 2 jam dengan kapal. Kecuali Komodo yang tentu saja adalah spesies penghuni harus, di Taman Nasional ini ada bermacam flora Kayu Sepang yang bisa dipakai untuk obat dan bahan warna baju. Disitu ada juga Pohon Nitak yang dipakai untuk obat. Selain untuk melihat Komodo secara langsung, Anda juga dapat menikmati berbagai wisata lainnya, yaitu:


1. Dusun Warga di Pulau Komodo

Warga Dusun Komodo lewat Kompas Kita dapat menyaksikan sehari-harinya Warga Asli Pulau Komodo yang berada di Dusun Komodo. Dusun ini ada dibagian terluar Kabupaten Manggarai Barat dan didiami lebih dari 1.700 orang. Aktivitas penduduknya banyak yang membuat patung komodo untuk dipasarkan ke pelancong. Disitu, kamu bisa juga menyaksikan bagaimana mereka terlibat percakapan dengan hewan purba ini. Unik, kan?

Snorkeling di Pulau Komodo lewat miner8 Ada kembali aktivitas bagus yang dapat dikerjakan di teritori Taman Nasional Komodo. Disitu kamu dapat snorkeling nikmati daya tarik alam bawah laut dengan beberapa ribu tipe ikan dan 260 tipe karang. Kamu bisa juga nikmati beberapa kelelawar yang terbang mengitarimu di Pulau Kalong. Ke sanalah di waktu malam dan abadikan begitu menakjubkannya hewan noktural ini.


2. Sunrise dan Sunset di Pulau Kanawa

Sunrise dan Sunset di Pulau Kanawa Untuk pencinta pemandangan alam, sebaiknya melihat sunrise atau sunset di Pulau Kanawa. Dengan 200.000 rupiah per orang, kamu bisa nikmati cantiknya alam sambil santai di resor yang ada disitu.


3. Berkunjung Pink Beach

Berkunjung Pink Beach lewat Manitobahomecoming Janganlah lupa datangi Pink Beach mana yang pasirnya warna merah muda dan ada beberapa terumbu karang disitu. Datangi Loh Liang, tempat memburu souvenir dan kulineran dan tempat untuk mendapatkan info komplet sekitar Taman Nasional.


4. Pulau Rinca

Jangan Lupa ke Pulau Rinca lewat Detik Kecuali di Pulau Komodo, hewan semacam kadal raksasa ini ada di Pulau Rinca, persisnya berada di Loh Buaya. Bahkan juga terkadang di pelabuhan, turis-turis telah disongsong oleh komodo liar yang ada disitu. Tetapi masih tenang, pasalnya di seputar pelabuhan ada pos pengamanan dan balai pelestarian yang selalu mengawasi kondisi 24 jam.


5. Pulau Padar

Pulau Padar lewat Menyusur Di Pulau Padar, kamu bisa nikmati pemandangan alam di atas bukit dalam waktu pintas kurang dari 1 jam. Disitu ada 3 pantai yang mengagumkan cantik, yakni pantai di mana umumnya jangkar perahu dilepaskan, pantai yang mempunyai pasir cukup kehitaman, dan paling akhir yaitu pantai yang berpasir pink seperti Pink Beach di Pulau Komodo.

Tidak perlu diragukan lagi keelokan alam dan juga wisata air lainnya di Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo. Anda jangan sampai lupa untuk menetapkan pulau ini sebagai destinasi wisata berikutnya yang akan dikunjungi.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar