6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Destinasi Wisata Candi Borobudur Magelang


Wisata Borobudur Magelang

Sekut.net - Nama Candi Borobudur tentu saja telah tidak asing kembali untuk Anda. Candi ini dikatakan sebagai kompleks candi Buddha paling besar di Indonesia, bahkan paling besar dunia. UNESCO memutuskannya selaku salah satunya situs peninggalan dunia di tahun 1991. Kecuali jadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur jadi salah satunya tempat wisata yang tarik banyak perhatian pelancong lokal dan luar negeri.

Untuk pertamanya kali nama Borobudur tercatat dalam buku "Riwayat Pulau Jawa" oleh Sir Thomas Raffles. Nama Borobudur diambil dari kata bara dari bahasa Sanskerta yang memiliki makna ‘komplek candi'atau biara dan kata ‘budur' berawal dari kata ‘beduhur' yang berarti ‘di atas'. Jadi arti dari kata Borobudur ialah candi yang ada di atas bukit. Candi Borobudur dibuat seputar tahun 750 masehi oleh kerajaan syailendra yang dibangun oleh Raja Mataram bersama Samaratungga yang pada waktu itu beragama Buddha.

Candi Borobudur dibuat benar-benar misteri sebab pada era ke 7 manusia belum mengenali penghitungan arsitektur yang tinggi tapi Candi Borobudur dibuat dengan penghitungan arsitektur yang hebat. Borobudur ialah candi paling besar di dunia sekalian salah satunya monumen Buddha paling besar di dunia. Tempat wisata di Jawa tengah ini mempunyai luas 123 x 123 meter persegi dan terbagi dalam 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membuat 504 arca, 72 stupa dan satu stupa induk besar di pucuknya. Antiknya, balok-balok ini tersusun tiada memakai perekat atau semen, kompleks ini seperti terlihat satu formasi lego raksasa. Candi borobudur ini mempunyai 72 stupa yang berupa lonceng, stupa yang paling besar berada pada pucuk candi sedangkan yang lain melingkari stupa sampai ke bawah.

Candi Borobudur Dinding Candi Borobudur dihias seputar 1.460 panel relief dengan panjang semasing panel 2 meter. Panel-panel relief ini bercerita berkenaan jenjang kehidupan Buddha. Relief dibagian bawah candi disebutkan dengan ‘Kamadathu' yang bercerita mengenai sikap jelek manusia yang disanggupi gairah dunia dan membuat masuk neraka. Relief sisi tengah disebutkan ‘Rapadathu', menceritakan mengenai manusia yang telah terlepas dari nafsu dunia, sedang relief paling atas ialah ‘Arupadhatu'. Relief ini memvisualisasikan jenjang perolehan paling atas di mana beberapa dewa bersemayam.

Kamadhati terbagi dalam 160 relief yang menerangkan hukum karena karena yang disebutkan Karmawibhangga Sutra. Memvisualisasikan berkenaan karakter dan gairah manusia, seperti membunuh, penganiayaan, mencuri, ditnah, dan memerkosa. Tudung penutup di bagian landasan sudah dibuka supaya beberapa pengunjung bisa menyaksikan relief yang terselinap. Pada zone ke-2 ialah Rupadhatu, yang bermakna alam pengalihan, di mana manusia sudah dibebaskan dari kepentingan dunia.

Rapadhatu mempunyai 328 patung Buddha yang mempunyai hiasan relief pada ukir-pahatannya.Di bagian ini terbagi dalam 1300 relief yang berbentuk Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka, dan Awadana yang kesemuaannya menghampar sepanjang 2,5 kilometer dengan 1212 panel. Untuk zone ke-3 ialah Arupadhatu yang bermakna alam paling tinggi, rumah Tuhan. Pada zone ini ada tiga serambi yang berupa lingkaran ke arah kubah dibagian pusat atau stupa yang memvisualisasikan kebangunan dunia.

Zone ini tidak ada hiasan atau ornament yang memvisualisasikan zone ini ialah kemurnian paling tinggi. Rapadhatu mempunyai 72 stupa yang berupa lingakaran yang berlubang, lonceng kebalik, dan berisi patung Buddha yang ke arah sisi luar candi. Di borobudur ini Anda bisa nikmati sunset dan sunrise yang cantik dan jadi terkesan saat Anda berkunjung Candi Borobudur ini. Lantas Anda dapat beli souvenir yang didagangkan oleh beberapa penjual seperti, kain batik, patung, miniatur candi, patung kepala Buddha, miniatur stupa, pernak- pernik dan ada banyak kembali barang yang lain yang bisa jadi oleh-olehan.

Kecuali tiga relief itu, sesungguhnya masihlah ada panel relief dibagian terikuth candi yang terpendam. Menurut beberapa pakar riwayat, relief yang terpendam itu namanya ‘Karmawibhangga'. Berikut relief yang bercerita berkenaan jenjang terikuth manusia. Relief ini memvisualisasikan sikap jelek manusia yang mengikut udara gairahnya seperti membunuh, bergosip dan memperkosa. Bahkan juga disebut ada gambar jalinan suami istri. Penguburan panel relief ini mempunyai dua fakta yakni sebab relief yang dipandang tidak santun dan sebab usaha penguatan supaya candi masih berdiri tegak.

Candi ini dibuat dengan style Mandala yang menggambarkan semesta alam dalam keyakinan Buddha tersebut. Bila Candi Borobudur disaksikan di luar sampai ke dalam terdiri jadi dua sisi yakni dibagian luar ada alam dunia yang terdiri jadi tiga zone dan dibagian pusat ada alam Nirwana. Pada zone pertama ialah Kamadhatu, yang bermakna alam dunia yang nampak dan sedang dirasakan oleh manusia saat ini.


Kenapa harus Candi Borobudur?

Bila Anda mencintai seni sastra dan budaya, ada di Candi Borobudur tentu saja bisa menjadi pengalaman yang sangat bagus. Anda dapat membaca dan memperhatikan panel relief yang tergambar pada dinding candi. Agar bisa membaca narasi relief ini secara berurut, Anda harus berjalan mengelilingi candi searah perputaran jarum jam yakni dari kiri ke kanan. Mulai dari pintu timur di jenjang terikuth dan berjalanlah memutar sampai kembali pada pintu awalnya selanjutnya naik tangga ke jenjang selanjutnya. Kerjakan ini terus-terusan sampai ke jenjang paling atas untuk memperoleh narasi yang berurut dan utuh. Anda alami kesusahan membaca narasi di relief? Tidak perlu bingung sebab ada layanan pemandu yang siap menolong Anda.

Tempat wisata ini tawarkan banyak object photo yang memikat buat Anda, fans photografi. Coba berkeliling-keliling kompleks candi ini dan dapatkan angle yang cocok untuk memfoto. Candi Borobudur dikenal juga mempunyai panorama matahari keluar dan tenggelam yang elok. Hadirlah pada peristiwa yang pas, persiapkan camera Anda dan selamat mendokumentasikan panorama cantiknya.

Lalu, rasa-rasanya tidak komplet bila berkunjung satu tempat wisata tiada beli cenderamata uniknya. Tidak jauh dari kompleks Candi Borobudur, ada jejeran kios cenderamata. Anda dapat beli bermacam barang dimulai dari topi, kaos, tas, gantungan kunci sampai miniatur candi. Harga yang dijajakan beragam, pakai kekuatan Anda dalam menawar sebaik-baiknya.

Di kompleks Candi Borobudur ada pelataran hijau luas yang dapat Anda telusuri. Kecuali dengan berjalan kaki, Anda dapat sewa sepeda untuk melingkari tempat wisata ini. Anda bawa anak kecil? Coba naik kereta kelinci yang pasti dicintai beberapa anak. Bila pengin coba pengalaman yang lain, mengapa tidak coba naik andong untuk berkeliling-keliling?

Terlebih lagi Anda harus datang kesini karena Candi Borobudur jadi salah satunya tempat peribadatan punya pengaruh untuk umat Buddha di dunia. Tiap tahunnya, kompleks candi ini jadi pusat perayaan hari raya Waisak dan dikunjungi oleh umat Buddha dari bermacam negara seperti Thailand, Kamboja, Cina dan Tibet. Hari raya Waisak dirayakan di saat bulan purnama pada bulan Mei atau umum disebutkan dengan Purnama Siddhi. Pucuk dari perayaan Waisak ini mengundang banyak pelancong baik lokal atau luar negeri. Pada waktu itu dikerjakan pelepasan beberapa ratus lampion ke langit dan keinginan terhebat untuk setahun di depan.


Informasi Seputar Wisata Candi Borobudur

Jika Anda pengin bertandang ke Yogyakarta dengan gampang dan irit, dapat pesan paket wisata jogja di Alodiatour. Akses jalan ke arah Candi Borobudur ini telah pantas dan baik untuk dilalui oleh beberapa pengunjung. Posisi Candi Borobudur ini benar-benar jauh dengan Wilayah Spesial Yogyakarta. Alamat komplet dari Candi Borobudur ini persisnya ada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa tengah.

Jalur ke arah Candi Borobudur benar-benar gampang untuk dicapai oleh pelancong. Bila Anda ada di Pusat Kota Yogyakarta menuju barat melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan, sampai pertigaan menuju utara melalui Jalan Ledjen Suprapto, lalu lempeng langsung ke Jalan Tentara Rakyat Mataram, selanjutnya di saat sampai di bundaran, mengambil jalan keluar pertama ke arah Jalan Tentara Pelajar, lalu lempeng langsung ke Jalan Magelang, di saat di bundaran mengambil jalan keluar ke-2 melalui jalan Magelang – Yogyakarta, masih ada di Jalan Magelang – Yogyakarta waktu sampai di pertigaan menuju barat ke arah Jalan Mayor Kusen, lempeng lagi mengikut Jalan Mayor Kusen sampai di pertigaan menuju barat melalui Jalan Sudirman, selanjutnya lempeng lagi mengikut jalan yang ada sampai Anda akan sampai di Candi Borobudur.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Candi Borobuduri benar-benar jauh yakni seputar 41,4 kilometer dan waktu pintas normal kendaraan motor dari pusat Kota Jogja ke arah Candi Borobudur seputar 1 jam 20 menit.


Jam buka operasional Candi Borobudur                    : Tiap hari pukul 06:00 – 17:00 WIB

Harga tiket masuk Candi Borobudur sedikit mahal yakni,

Tiket Dewasa (Turis Mancanegara)                            : USD25

Tiket Anak-Anak 3-10 Tahun (Turis Mancanegara)  : USD15

Tiket Dewasa (Lokal)                                                 : Rp50.000

Tiket Anak-Anak 3-10 Tahun (Lokal)                        : Rp25.000

Tiket Rombongan (Minimal 20 Orang)                      : Rp25.000

Guide Fee                                                                    : Rp100.000

Paket Terusan Borobudur-Prambanan Dewasa          : Rp75.000

Paket Terusan Borobudur-Prambanan Anak-Anak    : Rp35.000

Paket Terusan Borobudur-Ratu Boko Dewasa           : Rp75.000

Paket Terusan Borobudur-Ratu Boko Anak-Anak     : Rp35.000


Sedang untuk ongkos parkirkan di Candi Borobudur yakni Rp3.000 untuk parkirkan motor, Rp20.000 untuk parkirkan mobil, dan untuk bus yakni Rp30.000.

oke guys, demikian informasi yang bisa kita berikan buat kalian, semoga bermanfaat dan jangan lupa mampir ke channel youtube kami untuk melihat berbagai ulasan seputar traveling, cau...


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar