6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Destinasi Tempat Wisata Pulau Maratua


Pulau Maratua

Destinasi Wisata Pulau Maratua

Sekut.net - Pulau Maratua, satu pulau kecil yang ada di selatan pulau tarakan dan ada di lautan sulawesi. Pulau Maratua adalah pulau paling luar Indonesia yang ada di daerah pemerintahan Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Pulau ini bersebelahan langsung dengan Malaysia (Sabah) dan Filipina. Pulau yang berupa serupa huruf U ini mempunyai eksotisme dan keelokan yang paling cantik. Karakter dari pulau maratua nyaris serupa dengan pulau Derawan. Pulau Maratua ialah satu pulau kecil dengan warga seputar 3.000 jiwa dan warga asli di juga maratua ialah suku bajo yang terdiri dari 4 dusun. Pekerjaan setiap hari warga asli Pulau Maratua ialah nelayan.

Untuk mereka yang pernah bertandang ke Maratua tentu banyak yang berdecak takjub, beri pujian dan benar-benar berkesan. Mereka akan menjelaskan, Maratua tidak kalah cantik dan unik dibandingkan pulau lain di Indonesia, bahkan juga dunia. Pantai pasir putih, air jenih memperlihatkan bermacam tipe ikan, semakin khusus ikan Baracuda dan Penyu Sisik Hijau, terumbu karang, dan rasa ciri khas buah sukun berkulit cukup berduri jadi masa lalu yang susah dilalaikan, hingga banyak pelancong yang pengin menambahkan waktu segera mereka di pulau ini.

Daya magnet Maratua ialah laut. Di situ, pengunjung bisa berenang atau menyelam dan menyaksikan bermacam tipe ikan, dari lion fish sampai pari putih. Waktu permukaan air dangkal, penyu juga kerap memperlihatkan diri. Maratua itu bagus dan unik. Di tempat ini ada resor yang baik, ada permukiman masyarakat asli Suku Bajo, mempunyai asset rekreasi yang banyak. Ada pula gua-gua, danau. Yang paling unik di Pulau Maratua ialah Danau Ubur-ubur. Ada di samping timur Pulau Kalimantan, Pulau Maratua dikitari pulau-pulau kecil seperti Pulau Sidau, Pulau Semut, Pulau Andongabu, Pulau Sangalan, Pulau Bulingisan, Pulau Nusa Kokok, Pulau Bakungan, Pulau Nunukan, Pulau Pabahanan, dan Gosong Pasir.

Di pulau ini berdiri beberapa resor dan cottage yang biasanya didatangi pelancong asing. Diantaranya Maratua Paradise Resor, Pratasaba di Payung-payung, Green Nirvana Jalan Bayur, Payung-Payung, Borneo Cottage Teluk Keinginan, Noah Maratua Resor, Teluk Keinginan Bohe Bukut dan Virgin Cocoa Island. Saat itu di perkampungan ada homestay punya warga. Bahkan juga Pemerintahan Negara Seysheles Afrika beberapa lalu sampaikan ketertarikan bekerja bersama dengan Pemprov Kalimantan timur untuk memajukan pariwisata di Maratua terutamanya menolong jaringan listrik PLTS, sanitasi, pengendalian sampah dan green house sebesar Rp50 miliar.

Berbicara masalah nama, Maratua berawal dari satu dogma mengenai cerita pernikahan. Dua keluarga yang akan langsungkan pernikahan bergabung dalam suatu kapal. Sebab tinggal di pulau berlainan, acara pernikahan berjalan di Pulau Panjang. Di tengah-tengah perjalanan permasalahan tiba. Yakni badai laut yang dibarengi angin kuat dan ombak besar mengombang-ambingkan kapal. Karena badai besar itu kapal juga tergerak sampai ke karang dan pecah. Seluruh penumpang terbenam. Seluruh bagian keluarga itu jadi pulau, anak wanita yang akan menikah itu jadi Pulau Derawan dengan bahasa lokal berarti perawan, ibunya beralih menjadi Pulau Semama (mama) dan kakaknya beralih menjadi Pulau Kakaban (kakak).


Jalur Menuju Pulau Maratua

Melalui jalur laut, perjalanan bisa mulai dari kota Tarakan, kamu dapat naik pesawat dengan arah Lapangan terbang Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Dari kota Tanjung Redeb, kamu dapat sewa speed boat ke arah Pulau ini. Perjalanan dari tanjung redep ke arah pulau maratua memerlukan saat yang cukup lama, yakni seputar 3 jam perjalanan laut dengan kecepatan sedang. Jalut yang kedua ialah jalur yang belakangan ini banyak di pakai oleh pengunjung, yakni dengan jalur udara. Di awal tahun 2015 rupanya beberapa pelancong yang berkunjung kepulauan maratua bertambah mencolok karena itu pemerintahan kalimantan timur membuat lapangan terbang di kota maratua. Perjalanan dapat mulai dari kota tarakan dari lapangan terbang kota tarakan, kamu dapat segera dapat pesan ticket penerbangan ke arah lapangan terbang pulau maratua. Penerbangan ke arah lapangan terbang pulau maratua cuman memerlukan waktu seputar 30 menit dengan pesawat.

Sekarang ini Maratua lagi berbenah disokong kedatangan lapangan terbang Kalimarau di Tanjung Redeb dan lapangan terbang Maratua. Lapangan terbang ini mempunyai runway sejauh 1.600 m x 30 m dengan kemampuan terminal 36.000 penumpang per tahun. Sedang sebelumnya, semenjak sekian tahun lalu juga dibuat jalan darat Tanjung Redeb-Tanjung Batu, dan berdirinya Dermaga Air spesial Rekreasi di Tanjung Redeb. Disini, jarak menempuh memakai speedboat ke Maratua seputar 3 jam. Semenjak berdiri akhir 2017 lapangan terbang Maratua sekarang bisa didarati pesawat tipe ATR-72 dari Lapangan terbang Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan atau lapangan terbang Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda memakai layanan penerbangan Susi Air type Cessna dengan kemampuan 12 seat. Disamping itu, penerbangan dari Samarinda ke Maratua sekarang ini tiketnya cukup murah sebab mendapatkan Bantuan Biaya Angkut (SOA).


Sarana dan Wisata di Pulau Maratua

Selaku rekreasi bahari, pulau maratua seduh ada resor dan beberapa sarana. Bila pengunjung akan lakukan diving di pulau maratua disitu telah ada beberapa persewaan peraltan diving dan menyelam. Untuk bermalam, di pulau maratua ada satu resor yakni Maratua Paradise Resor. Sarana di pondokan atau resor di pulau maratua itu telah terhitung dengan pendingin ruang, bathup dan sarana makan 3x dalam satu hari. di maratua paradise resor ada persewaan perlengkapan diving dan persewaan kapal.

Sebagai surganya para divers, selain wisata air, Anda harus mencoba menjelajahi berbagai macam kuliner di sini. Rasa-rasanya, kurang komplet jika berlibur tiada mencicip kesedapan kulineran lokal. Pulau Maratua yang populer dengan keelokan alam bawah lautnya mempunyai kulineran yang sedap. Dari jumlahnya menu makanan ciri khas Kalimantan Timur, kulineran seperti sate payau, ayam cincane, nasi bakepor, gance ruan, sambal raja, dan bubur pedas jadi kulineran yang paling dicintai pelancong. Gance Ruan terhitung terpopuler di pulau ini. Gence Ruan adalah olahan ikan gabus atau warga lokal menyebutkan bernama ikan Haruan. Ikan ini dibakar di atas baranya api dengan memakai bumbu oseng yang banyak. Lantas sesudah di bakar ikan ini umumnya akan diberi dengan sambal goreng yang nikmat. Paling nikmat dikonsumsi dengan nasi putih hangat sesudah capek diving atau ber-snorkeling. Selain itu, Anda juga jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen Anda dengan berfoto ataupun merekam video saat berada di Pulau Maratua ini.

Kemudian, berikut akan kami rangkumkan untuk Anda aktivitas atau wisata bahari lainnya, selain menyelam dan wisata pantai, yang dapat Anda nikmati di Pulau Maratua ini.


1. Jetty Dive Spot

Masuk perairan Maratua di tempat Jetty Dive spot, beberapa penyelam akan disajikan panorama bermacam tipe ikan seperti ikan buaya, temanan ikan mandarin, harlequin shrimp, gurita biru, terumbu karang raksasa dan banyak yang lain. Keberagaman hewan laut yang dapat dijumpai di Jetty Dive Spot membuat beberapa penyelam yang tiba kembali lagi untuk beberapa kali.


2. Turtle Trafik Spot

Sedang spot diving Turtle Trafik lebih dikuasai dengan panorama penyu-penyu hijau yang lucu. Tidak cuma penyu hijau, bila mujur beberapa diver akan mendapati Hawksbill Turtles. Kecuali penyu, hewan-hewan laut yang dapat dijumpai di tempat ini misalkan lobster, mantis shrimp, belut moray, dan beragam warna terumbu karang yang mempesona.


3. Mid Reef


Spot diving Maratua di Mid Reef kerap didatangi Hiu Thresher dan Nurse Shark. Panorama yang lain, beberapa diver akan dimanja dengan beberapa penyu-penyu menggemaskan, ikan pari, hawkfish, ikan kakatua, sekawanan kuda laut, dan banyak yang lain.


4. Eel Garden

Seperti namanya, Eel Garden alias taman belut laut banyak ditemui di spot ini. Eel Garden menghampar panjang pada landasan laut berpasir dan dikitari terumbu karang beragam warna. Di spot ini akan nampak ikan-ikan tuna spanyol, sekawanan barakuda, dan bermacam tipe terumbu karang.


5. Hanging Garden

Hanging Garden seperti dinding vertikal sebagai rumah untuk bermacam tipe terumbu karang dan ikan. Terumbu karang tipe black coral trees tumbuh dengan subur pada dinding-dinding vertikal Hanging Garden. Mereka tumbuh bersembunyi dibalik karang besar. Di bagian luar dinding vertikal itu, diver dapat mendapati hiu dan penyu berenang-renang dengan berbahagia.


6. Cabbage Garden

Watak spot diving yang ini serupa seperti Hanging Garden. Ikan-ikan kecil yang hidup antara terumbu karang bersembunyi dibalik Cabbage Garden. Spot ini juga dikenali selaku tempat bergabung beberapa penyu-penyu. Antara spot diving yang lain, Cabbage Garden dapat disebut spot paling aman untuk beberapa divers pemula, atau yang baru pertamanya kali menyelam.


7. The Kanal

Spot diving yang ini jadi spot paling menantang dan menarik di perairan Maratua. Di titik penyelaman ini, beberapa divers dapat menemui bermacam tipe hiu seperti hiu kepala martil, hiu abu-abu, dan hiu moncong putih. Yang penting menjadi perhatian, cuman divers dengan jam terbang tinggi yang dapat menyelami spot diving terekstrim di Maratua ini.


8. Snorkeling

Diving memang jadi unggulan rekreasi Pulau Maratua, tetapi jika belum mempunyai sertifikat diving, snorkeling di laut terlepas Maratua juga menyenangkan. Berenang sepanjang hari sekalian cari nemo juga hebat. Waktu terhebat untuk snorkeling ialah waktu sore hari mendekati senja. Umumnya, di saat itu, penyu berenang menuju pelabuhan. Bila mujur, dapat berjumpa ikan pari juga. Janganlah lupa persiapkan camera underwater untuk mendokumentasikan peristiwa hebat berlibur bersama hewan-hewan laut lucu di Maratua. Berkenaan penyewaan alat snorkeling, ongkos yang dikeluarkan sekitar 40.000 rupiah per 12 jam.

Selaku satu pulau dalam rangkaian kepulauan di laut Sulawesi, pulau maratua tidak terkucil benar-benar dari tempat wisata lain. Tidak jauh dari pulau ini, ada pulau legendaris Pulau Derawan yang cuman memiliki jarak 16 km perjalanan laut. Ekosistem bawah laut Pulau Derawan betul-betul masih terbangun. Beberapa masyarakat telah sadar benar mengenai keutamaan hal tersebut. Sedikit lebih jauh, ada pulau panjang dalam jarak 43 km perjalanan laut. Daya magnet khusus di Pulau Panjang ialah rimba mangrove. Itu bermakna pelancong mempunyai peluang untuk mendalami dan mengenalinya. Tetapi disamping itu menyelam cukup membahagiakan di pulau panjang ini.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar