6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Destinasi Tempat Wisata Kepulauan Kei Maluku


Kepulauan Kei

Destinasi Tempat Wisata Kepulauan Kei

Sekut.net - Kepulauan Kei, dikenal juga dengan Nuhu Evav atau Tanat Evav oleh masyarakat di tempat, adalah rangkaian pulau di Maluku Tenggara. Kepulauan Kei populer dengan pantainya yang berpasir lembut dan budaya-budaya yang berada di sana. Salah satunya daya magnet wisata di Kepulauan Kei ialah tradisi istiadat, yaitu Hukum Larvul Ngabal. Mencuplik National Geographic, Hukum Larvul Ngabal adalah hukum adat yang junjung tinggi nilai kemanusiaan yang digenggam tegar oleh warga Kepulauan Kei.

Maluku populer akan rempah-rempahnya yaitu cengkeh dan lada. Ini membuat jadi sasaran bangsa Eropa. Kekayaan rempah di Maluku bahkan juga sempat dicatat oleh Tome Pires dalam bukunya yang dengan judul Summa Oriental. Perdagangan rempah memengaruhi transisi budaya, agama, dan ekonomi warga Maluku. Walau begitu, Kepulauan Kei bukan pemroduksi rempah-rempah. Kepulauan Kei keseluruhannya pada waktu itu, khususnya Tual, lebih digunakan untuk tempat berdagang dan beli perbekalan untuk pelayaran.

Kepulauan Kei mempunyai bermacam jenis makanan tradisionil ciri khas wilayah itu. Diantaranya ialah embal atau singkong pahit. Embal, mencuplik situs sah Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, adalah makanan yang diproses dari tanaman ubi kayu atau singkong. Bila ketarik cobanya, pelancong dapat bertandang ke beberapa toko oleh-olehan dekat pintu masuk dermaga Tual atau pasar malam Kota Tual.


Wisata di Kepulauan Kei

Secantik-cantiknya tujuan luar negeri, makin lebih bermakna waktu kita ke "rumah" sendiri. Kepulauan Kei – satu surga terselinap di Kabupaten Maluku Tenggara ini punyai kekuatan tujuan wisata yang bagus sekali. Serunya, saat ini sudah ada penerbangan dari Ambon ke Langgur yang dilayani oleh 3 maskapal dengan frekuensi terbang 4 kali satu hari.


1. Gua Hawang

Goa Hawang jadi salah satunya posisi memikat di Kepulauan Kei yang berada di Pulau Kei Kecil. Goa ini terletak tidak jauh dari Kota Tual yang cuman memiliki jarak seputar 20 km menuju selatan. Gua Hawang ini terletak di teritori Dusun Letvuan. Gua Hawang sebenarnya adalah kolam air tawar yang dikitari oleh rimba. Benar-benar elok waktu terserang refleksi sinar matahari. Airnya yang jernih sampai terlihat kebiruan, dan Anda juga dapat menyaksikan ke landasan kolam ini secara jelas. Kabarnya Gua Hawang ini tersambung dengan mata air Evu. Untuk mendapati mata air ini, Anda harus menyelam lewat sungai bawah tanah yang ada di dua liang Gua Hawang. Jika malas menyelam, tinggal enak-enakan saja nikmati keelokan kolam Gua Hawang ini. Goa Hawang berawal dari kata hawang yang bermakna roh di mana dalam tempat ini dipercayai oleh warga seputar jika ditempati banyak hantu. Hingga Goa Hawang dipandang keramat oleh warga seputar Maluku.


2. Gua Luvat

Gua Luvat adalah situs purbakala di Ohoi Dertawun. Gua ini benar-benar fantastis dan populer di kelompok pelancong, sebab kehadiran lukisan pada dinding gua yang berupa matahari, panah, perahu, dan hewan. Kabarnya lukisan-lukisan ini ialah hasil warisan periode prasejarah, persisnya dari jaman Megalitikum atau jaman Batu Besar. Di periode ini kabarnya beberapa warga Megalitikum telah pahami akan ide Ketuhanan, walau masih minim. Sedang lukisan-lukisan yang berada di dinding gua lebih bercerita mengenai gaya hidup dan rutinitas warga Megalitikum yang terkait dengan alam seputar. Jika pengin telusuri gua ini, Anda harus berhati-hati, sebab ada beberapa sela sempit yang terkadang susah untuk dilalui.


3. Pantai Ngurtavur

Pantai Ngurtavur adalah salah satunya pantai mempesona yang berada di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Hal yang memikat pada pantai ini ada lajur pantai berpasir putih yang dikitari air jernih. Oleh karena itu pantai ini dipanggil dengan Pantai Ular, sebab berupa panjang seperti tubuh ular. Pantai Ngurtavur berada di Pulau Waha, yang tidak begitu jauh terletak dari Pulau Kei Kecil dan bisa dilakukan dengan memakai perahu boat, dan yang punyai pasir muncul menjuru ke lautan luas tiada putus sejauh 2 km dengan lebar 7 meter. Waktu laut sedang kering, Anda bahkan juga dapat jalan di pasir muncul ini sampai ke tengah laut, dan jika sedang pasang Anda dapat telusuri teritori pantai dengan kapal. Terasanya dapat jalan di tengah-tengah lautan. Pantai Ngurtavur ini jadi habitat untuk Burung Australia Pelikan (Pelecanus conspicillatus) yang lagi lakukan migrasi dari Maluku ke Australia dan Papua Nugini. Serunya yang lain dapat Anda coba di pantai ini ialah berenang dan snorkeling. Keelokannya ditanggung akan membuat Anda suka.


4. Pantai Ngurbloat

Kesempatan ini, tujuan berpindah ke Pantai Ngurbloat yang terletak ada di samping utara Pulau Kei Kecil, yang memiliki jarak seputar 16 km samping barat Kota Tual. Pantai Ngurbloat kerap dikenal juga bernama Pantai Pasir Panjang. Pantai yang terletak di Dusun Ngilngofatau ini kabarnya jadi pantai yang mempunyai pasir putih yang bersih dan terhalus ke-2 di dunia. Di tempat pantai ini Anda dapat nikmati waktu santai di bawah beberapa ribu pohon kelapa yang menjuntai sekalian berenang, berjemur matahari, atau bermain pasir. Pantai ini sangat cantik dengan panorama air laut yang demikian jernih dan bentangan pasir putih yang mengagumkan. Menariknya di pantai ini mempunyai pasir putih yang paling halus, bahkan juga teksturnya dirasa selembut tepung. Pantai yang dipanggil dengan Pantai Pasir Panjang ini menghampar sejauh 3 km, pasti dengan keelokan alam yang mempesona. Disamping itu, di pantai ini Anda dapat berenang sekalian nikmati keelokan landasan lautnya.


5. Pantai Ngur Sarnadan

Pantai Ngur Sarnadan mempunyai kontur yang agak miring dan garids pantai yang panjang. Ombak yang tenang dan pasir putih pantai ini akan membuat Anda kerasan lama-lama di pantai Ngur Sarnadan ini. Belum juga waktu matahari mulai kembali pada peraduannya, duh panorama sunsetnya elok sekali. Karena itu tidak bingung jika banyak yang ngomong sunset di sini yang paling elok di Kepulauan Kei.


6. Pantai Ohoidetawun

Pantai Ohoidetawun adalah pantai yang jadi tujuan beberapa pelancong. Di pantai ini Anda dapat sewa homestay yang terletak di pinggir pantai. Anda jadi dapat nikmati keelokan pantai ini waktu siang maupun malam hari dari homestay. Hal yang lain membuat pantai ini spesial ialah posisinya yang dekat sama Gua Luvat. Tempat di mana terdapat banyak lukisan periode prasejarah yang cukup misteri.


7. Pulau Adranan

Selanjutnya berpindah ke ujung utara Kepulauan Kei, ada wisata di Pulau Adranan adalah salah satunya pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulau kecil ini menyediakan panorama alam yang demikian mengagumkan dengan pasir putih yang paling mengagumkan dan air laut jernih cantik warna biru toska. Untuk yang pengin berkunjung pulau yang dipanggil dengan Pulau Burung ini, dapat sewa boat di Kota Tual. Sebab tidak berpenghuni, karena itu pulau ini demikian tenang dan nyaman untuk berekreasi khususnya untuk yang menyukai berpose atau snorkeling.


8. Pulau Bair

Satu kembali tujuan yang wajib dikunjungi di Kepulauan Kei ialah Pulau Bair yang terletak ada di utara Pulau Adranan. Pulau elok ini bisa didatangi dengan memakai kapal boat sepanjang satu jam perjalanan dari dalam Dusun Dullah Darat. Pulau Bair adalah pulau yang ada di Kei Kecil. Di sini Anda akan mendapati laguna yang jernih beralas pasir dan ikan dan terumbu karang yang sehat. Karena itu, aktivitas yang paling cocok ialah snorkeling. Kecuali menelusuri keelokan pulaunya, Anda bisa juga coba menyelisik masuk di sela tebing karang yang paling eksotik. Sejauh perjalanan ke arah Pulau Bair, Anda akan dihidangkan dengan panorama elok pulau-pulau elok yang lain, misalnya Pulau Adranan. Pada perjalanan lautnya Anda akan disuguhi keelokan rangkaian kepulauan di seputar Tual yang eksotis sekali. Pulau ini jadi tujuan harus di Kepulauan Kei dan Maluku Tenggara sebab mempunyai keelokan alam mengagumkan sama air warna tosca yang elok. Selain itu ada delta di muaranya yang membuat pulau ini serupa dengan Raja Ampat.


9. Bukit Masbaik

Bukit Masbaik adalah bukit paling tinggi yang berada di teritori Pulau Kei Kecil, terletak di Dusun Kelanit. Waktu sore dan pagi hari panorama dari Bukit Masbait akan semakin lebih elok, soalnya Anda dapat saksikan matahari keluar dan tenggelam. Di atas bukit ini Anda akan mendapati satu patung Kristus Raja yang dapat berputar-putar. Karena itu kecuali jadi tujuan wisata pemandangan alam, Bukit Masbait ini digunakan selaku tempat ziarah beberapa umat Katolik. Buat yang Non Katolik tetep dapat nikmati panorama laut dari ketinggian di bukit ini.


10. Dusun Tradisi Tanimbar Kei

Dusun Tradisi Tanimbar Kei jadi salah satunya dusun tradisi yang benar-benar menggenggam tegar wujud bangunan, seni, tradisi istiadat dan keyakinan nenek moyangnya. Dusun ini terdiri jadi dua yakni Daerah Atas dan Daerah Bawah. Antiknya di antara Daerah Atas dan Daerah Bawah ini dipisah oleh tangga yang bertumpu di tebing setinggi seputar 15 meter. Jadi pelukisan nama Daerah Atas dan Bawah benar-benar benar-benar ada, tidak hanya sebatas nama saja. Dusun tradisi Tanimbar Kei simpan bermacam benda tradisi seperti patung tradisi, perhiasan emas, bejana, dan tembikar. Legenda menjelaskan jika nenek moyang Kei berawal dari Bali, karena itu tidak bingung jika nuansa Bali dapat dirasa di dusun ini. Diantaranya ialah kehadiran rumah beribadah Pura dan agama Hindu yang diyakini penduduknya.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar