6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

42 Destinasi Tempat Wisata di Mojokerto yang Menarik untuk Kalian Kunjungi


Sekut.net - Tempat Wisata di Mojokerto – Di dunia pariwisata, nama Kabupaten Mojokerto benar-benar tidak setenar wisata di Malang, maupun Sleman dan Surabaya. Walau bagaimanapun, bukan bermakna kabupaten ini tidak mempunyai tempat wisata yang tarik lho ya!

Mojokerto mempunyai banyak spot wisata bagus yang terdiri dari wisata alam pegunungan, wisata riwayat, wisata unik berbentuk api kekal, wisata sarana permainan air, dan wisata air terjun.

tempat wisata menarik di mojokerto

Dilihat secara geografis, Kabupaten Mojokerto mempunyai luas keseluruhan seputar 969,36 km persegi. Kabupaten ini bersebelahan dengan Kab. Lamongan di samping utara, Kota Batu dan Malang di samping selatan, Kab. Gresik, Pasuruan dan Sidoarjo di samping timur, dan Kab. Jombang di samping sisi barat.

Berdasarkan catatan riwayat, kabupaten yang telah ada semenjak Tahun 1293 ini dahulunya adalah salah satunya sisi penting dari Kerajaan Majapahit. Oleh karena itu, kabupaten ini mempunyai banyak spot riwayat warisan kerajaan itu.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Mojokerto Jawa Timur yang termasuk menarik dan bagus untuk dikunjungi di saat luang..


1. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu Trowulan

Candi Bajang Ratu berada di Kec.Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. Candi ini mempunyai wujud yang unik dan berlainan dari wujud candi di wilayah – wilayah yang lain. Sisi atas candi ini seperti terlihat limas dengan ujung yang pijakl, sedang sisi bawahnya berupa ruang dengan pintu masuk di salah satunya seginya.

Di seputar Candi Bajang Ratu ada taman terbuka hijau yang bisa digunakan selaku tempat untuk santai dan memburu photo. Disamping itu, ada pula area pohon-pohon teduh yang dapat digunakan selaku tempat untuk berlindung dari panasnya panas matahari. Ticket masuk di Candi Bajang Ratu termasuk benar-benar murah, yakni cuman Rp. 3.000 per orang.


2. Candi Brahu

Candi Brahu Trowulan Mojokerto

Tempat wisata di Mojokerto yang setelah itu Candi Brahu. Candi Brahu berada di Dusun Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto. Candi ini adalah sisi dari teritori situs arekologi Trowulan. Berdasarkan catatan riwayat, teritori ini dahulunya adalah ibukota Kerajaan Majapahit. Dibanding Candi Bajang Ratu, Candi Brahu mempunyai ukuran yang jauh semakin besar.

Di seputar candi ini ada taman terbuka hijau dan pohon teduh yang bisa digunakan selaku tempat untuk berlindung. Keseluruhannya, sedikit rutinitas wisata yang dapat dikerjakan di kompleks candi ini. Umumnya, sebagian besar pelancong bertandang ke teritori candi ini sekedar untuk bernapak tilas sambil berpose dengan background Candi Brahu. Bila Anda pengin masuk di posisi Candi Brahu, Anda harus bayar ongkos ticket masuk sejumlah Rp. 3.000 per orang.


3. Museum Balai Konservasi Purbakala

Museum Trowulan Mojokerto

Spesial untuk Anda beberapa pencinta wisata riwayat, di Kabupaten Mojokerto ada tempat rekreasi berupa museum yang mempunyai koleksi riwayat super komplet. Museum itu ialah Museum Balai Konservasi Purbakala. Museum Balai Konservasi Purbakala berada di Jl. Mojopahit No. 141 – 143, Desa Kedaton, Dusun Sentonorejo, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto.

Museum ini mempunyai koleksi benda – benda monumental yang diprediksi telah ada semenjak zaman pra riwayat. Salah satunya koleksi riwayat sangat menarik yang dapat dijumpai di museum ini ialah Candi Kedaton. Candi itu berada di daerah Situs Kedaton yang notabene adalah salah satunya situs paling komplet di museum ini. Disamping itu, ada pula situs lain seperti sumur upas yang tidak kalah memikat buat dikunjungi. Nanti, untuk dapat masuk di museum ini, Anda akan dikenakan ongkos ticket masuk sejumlah Rp. 2.500 per orang.


4. Pusara Troloyo

Makam Troloyo Trowulan Mojokerto

Object wisata di Mojokerto yang setelah itu Pusara Troloyo. Pusara Troloyo berada di Dusun Sentonorejo, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto. Posisi pusara ini bersisihan dengan posisi Candi Kedaton yang berada di teritori Museum Balai Konservasi Purbakala.

Menurut pembicaraan warga seputar, Pusara Troloyo adalah pusara tempat Syekh Jamaluddin Al Husain Al Besar yang dikenal juga bernama Syekh Jumadil Kubro Sayyid Jumadil Kubro disemayamkan. Syekh Jamaluddin Al Husain Al Besar sendiri adalah orang terpenting yang memulai terciptanya Wali Songo, yakni sembilan wali yang berjasa menebarkan tuntunan Agama Islam di Pulau Jawa.

Pada hari normal, Makan Troloyo bisa didatangi kapan pun. Walau bagaimanapun, waktu terhebat untuk mendatanginya ialah saat malam Jumat Legi. Di saat itu warga seputar umumnya akan melangsungkan upacara tradisi namanya Grebeg Suro. Meskipun dengan status selaku pusara, tetapi tempat ini sudah diperlengkapi dengan sarana yang ideal.

Dalam kompleks pusara ini telah ada bermacam jenis sarana simpatisan misalnya: area parkirkan yang lumayan luas, masjid, dan lain-lain. yang paling keren, ticket masuk di pusara ini cuman sejumlah Rp. 500 per orang.


5. Candi Tikus

Candi Tikus Trowulan Mojokerto

Sama dengan beberapa object wisata yang sudah kita ulas awalnya, Candi Tikus berada di Kec. Trowulan, persisnya di Dusun Temon. Candi ini adalah candi warisan kerajaan Majapahit yang cukup unik. Disebutkan cukup unik sebab terletak ada di tengah-tengah kolam. Ini berlainan dengan umumnya candi warisan Majapahit yang lain yang terletak berada di dataran.

Di kompleks Candi Tikus, ada taman terbuka hijau yang banyak dengan pohon cemara dan beberapa pohon teduh. Keseluruhannya, sedikit rutinitas wisata yang dapat dikerjakan di kompleks candi ini. Umumnya pengunjung candi ini sengaja tiba ke candi ini sekedar untuk bernapak tilas. Disamping itu, ada pula yang menyengaja tiba untuk memburu photo dengan background bangunan candi.

Untuk masuk di kompleks Candi Tikus, pengunjung harus bayar ongkos ticket masuk sejumlah Rp. 3.000. Disamping itu, pengunjung yang bawa kendaraan harus juga bayar ongkos parkirkan kendaraan sejumlah Rp. 2.000 untuk sepeda motor, Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 10.000 untuk bis.

Alamat: Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur


6. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang adalah candi unik yang dibuat dengan memakai cetakan batu merah. Luar biasanya, meskipun dibuat dengan memakai material batu merah (umumnya candi dibuat dengan memakai material batu hitam yang kuat dan tahan serangan cuaca), bangunan candi ini masih teteap berdiri kuat sampai saat ini.

Sama dengan beberapa bangunan candi yang awalnya, Candi Wringin Lawang mempunyai taman terbuka hijau yang diperlengkapi dengan area pohon-pohon teduh. Alamat Candi Wringin Lawang berada di Dusun Jatipasar, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto. Ticket masuk di candi ini cuman Rp. 3.000 saja per orang.


7. Kolam Segaran

Spesial untuk Anda yang hoby memancing, di Mojokerto ada satu spot pemancingan monumental yang paling terkenal di kelompok beberapa pencinta rutinitas memancing. Spot pemancingan itu namanya Kolam Segaran.

Sama dengan beberapa object wisata yang sudah kita ulas awalnya, Kolam Segaran berada di Kec. Trowulan, persisnya di Dusun Segaran.

Menurut pembicaraan warga di tempat, kolam ini telah ada semenjak zaman keemasan Kerajaan Majapahit dan sekarang ini adalah kolam tua paling besar di Indonesia.

Kecuali pas untuk jadi selaku spot untuk memancing, Kolam Segaan tawarkan panorama alam yang mengagumkan Cantik.

Dari posisi kolam ini, Anda bisa menyaksikan cantiknya pemandangan alam bukit-bukit di Kab. Mojokerto secara jelas.

Disamping itu, bila mujur, Anda bisa juga melihat langsung proses Larung Sesaji yang dilaksanakan oleh warga di tempat di saat – waktu spesifik.

Bila Anda pengin bertandang ke Kolam Segaran, kolam ini dibuka untuk umum tiap hari sepanjang 24 jam non-stop dan dapat dimasuki tiada perlu bayar ongkos ticket masuk sama sekalipun.


8. Museum Trowulan

Tempat wisata di Mojokerto yang setelah itu Museum Trowulan. Museum Trowulan berada di Jl. Pendopo Agung, Dusun Trowulan, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Museum ini adalah salah satunya museum dengan koleksi benda monumental terkomplet di Kab. Mojokerto.

Di museum ini Anda bisa menyaksikan beragam-ragam benda – benda kuno yang penuh akan nilai riwayat.

Mulai dari benda kuno zaman jaman purbakala, benda warisan kerajaan Majapahit, benda warisan kerajaan Kediri, benda warisan kerajaan Kahuripan, s/d benda warisan kerajaan Singasari, semua dapat Anda dapatkan di museum ini.

Kecuali mempunyai koleksi benda riwayat yang komplet, Museum Trowulan mempunyai sekitar lingkungan yang paling asri. Dibagian samping museum ini ada teritori kolam yang pas untuk jadi selaku tempat santai dan melepaskan capek pada sore hari.

Museum Trowulan membuka tiap hari Senin sampai Sabtu dari start pukul 8 pagi s/d jam 4 sore. Pada hari sabtu, jam operasinya umumnya dipotong sampai jam 3 sore saja.

Ticket masuk di museum ini termasuk benar-benar murah, yakni cuman Rp. 2.500 untuk umum dan Rp. 1.500 untuk pelajar dan anak – anak.


9. Mahavihara Majapahit

Mahavihara Majapahit adalah tempat wisata religius di Mojokerto yang paling populer di kelompok pelancong.

Vihara ini hampir terus ramai didatangi oleh pelancong, khususnya pada hari liburan dan akhir minggu.

Bila dibanding dengan bangunan vihara di wilayah – wilayah yang lain, Mahavihara Majapahit termasuk unik dan cukup berlainan.

Bila umumnya vihara di wilayah – wilayah yang lain mengangkat bangunan ciri khas tradisionil Cina, bangunan vihara ini mengangkat wujud bangunan ciri khas tradisionil Jawa.

Secara keseluruhan, teritori Mahavihara Majapahit mempunyai luas seputar 20 ribu mtr. persegi.

Di sini Anda bisa menyaksikan bermacam jenis ornament ciri khas agama Buddha sambil saksikan langsung proses peribadatan mereka.

Posisi Mahavihara Majapahit berada di Jl. Raya trowulan, Desa Siti Inggil, Dusun Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Meskipun sebenarnya vihara ini adalah tempat beribadah, tetapi vihara ini bisa didatangi oleh siapa saja, kalau tidak salah harga tiket masuk yaitu Rp. 2.500 per orang.


10. Patung Buddha Tidur

Awalnya kita sudah mengulas Mahavihara Majapahit kan? Nah, object wisata di Mojokerto yang akan kita ulas ini adalah sisi dari mahavihara itu.

Patung Buddha Tidur pas di samping bangunan Mahavihara Majapahit. Patung ini dihias dengan cat warna emas yang paling cantik.

Berdasarkan catatan buku rekor dunia, sampai artikel ini dicatat, patung ini tetap jadi patung Buddha paling besar ke – 3 di seluruh dunia.

Umumnya, waktu bertandang ke Mahavihara Majapahit, pelancong akan meluangkan diri untuk menyaksikan dan berpose dengan background patung ini.

Bila Anda pengin melakukan, ada satu perihal penting yang perlu Anda ingat, yakni Anda tidak diizinkan untuk naiki patung itu.

Bagaimana? Anda berminat untuk mendatanginya? Bila ya, posisi patung ini berada di kompleks Mahavihara Majapahit, yakni di Dusun Bejijong, Kec. Trowulan.


11. Pendopo Agung Trowulan

Masih di Kec. Trowulan, ada object wisata berupa pendopo yang paling memikat buat didatangi, yakni Pendopo Agung Trowulan.

Pendopo Agung Trowulan berada di Dusun Temon, kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Pendopo ini tawarkan daya magnet khusus berbentuk bangunan situs candi dan bangunan pendopo yang dibangun dengan memakai ide arsitektur ciri khas Tradisionil Jawa.

Disamping itu, ada pula patung manusia berpayung tiga lapis yang baik untuk jadi selaku background untuk berpose.

Pada hari normal, Pendopo Agung Trowulan dibuka untuk umum tiap hari start pukul 7 pagi s/d jam 5 sore.

Untuk masuk di pendopo ini pengunjung tidak dikenakan ongkos ticket masuk dan cuman disuruh untuk bayar ongkos parkirkan kendaraan sejumlah Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil individu.


12. Pemandian Ubalan

Tempat wisata di Mojokerto yang setelah itu Pemandian Ubalan. Pemandian Ubalan adalah salah satunya tempat wisata keluarga di Mojokerto yang paling terkenal di kelompok pelancong lokal.

Pemandian ini tawarkan beragam macam sarana permainan yang bagus sekali, baik itu untuk anak – anak atau untuk orang dewasa.

Di sini, Anda bisa nikmati kesan bermain air sambil coba bermacam sarana permainan air yang ada.

Untuk Anda yang pengin basah – basahan, pemandian ini mempunyai sarana seluncuran dengan bermacam jenis wujud, panjang dan tingkat ketinggian.

Sedang untuk Anda yang tidak mau basah – basahan, ada sarana sepeda air berupa bebek – bebekan yang dapat dipakai untuk berkeliling-keliling area kolam di pemandian ini.

Bila Anda berminat untuk bertandang ke pemandian ini, posisinya berada di Dusun Made, Kec. pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Ticket masuk di pemandian ini termasuk benar-benar murah, yakni cuman Rp. 8.000 per orang.


13. Air Terjun Coban Canggu

Sama dengan Pemandian Ubalan, Air Terjun Coban Canggu berada di Kec. Pacet, Kab. Mojokerto.

Saluran air terjun ini termasuk lumayan tinggi, yakni seputar 50 an mtr.. Walau bagaimanapun, debet air yang mengucur di air terjun ini termasuk tidak begitu deras, khususnya waktu musim kemarau.

Air yang mengucur di air terjun ini termasuk benar-benar bersih dan jernih. Disamping itu, lingkungan alam di seputar air terjun ini juga termasuk benar-benar asri.

Tidak seperti umumnya air terjun yang lain salurannya "langsung jatuh" menuju bawah, saluran air terjun ini mengucur secara perlahan-lahan melalui tebing batu hitam.

Karena itu, saluran air terjun ini jadi seperti terlihat kapas dan awan yang menempel di tebing.

Meskipun berada di wilayah terasing, air terjun ini telah diperlengkapi dengan sarana wisata yang lumayan komplet.

Mulai dari tempat parkirkan, masjid, toilet, warung makan, s/d pondokan, semua bisa diketemukan dengan gampang di seputar posisi air terjun ini.

Air terjun ini dibuka untuk pelancong tiap hari dari start pukul 8 pagi s/d jam 4 sore.

Walau bagaimanapun, bila Anda betul – betul pengin nikmati keelokan air terjun ini, Anda kami anjurkan untuk mendatanginya pada hari kerja. Masalahnya waktu berlibur dan akhir minggu, air terjun ini terus ramai didatangi oleh pelancong.

Untuk mekanisme ticket masuknya sendiri memakai dua mekanisme, yakni mekanisme kalkulasi per orang untuk mobil, di mana per orang dikenakan Rp. 15.000, dan mekanisme kalkulasi per 2 orang untuk sepeda motor, di mana per 2 orang dikenakan Rp. 20.000.


14. Air Terjun Dlundung Mojokerto

Tempat berlibur di Mojokerto yang setelah itu Air Terjun Dlundung. Air Terjun Dlundung berada di Kec. Trawas, persisnya di Jl. Raya Trawas, Teritori Rimba Dusun Kemloko, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Air terjun ini mempunyai ketinggian lebih kurang seputar 50 – an mtr. dengan debet air yang tidak begitu deras.

Dibagian bawah air terjun ini ada kedung yang tidak begitu luas tetapi dapat digunakan selaku tempat untuk merendam dan bermain air.

Sekitar lingkungan air terjun ini betul – betul masih natural serta penuh akan udara yang sejuk ciri khas wilayah pegunungan.

Saluran air yang mengucur di air terjun ini termasuk masih bersih dan jernih. Disamping itu, temperatur airnya juga berasa dingin dan fresh.

Untuk mendukung rutinitas wisata di seputar air terjun ini, faksi pengurus air terjun ini sudah sediakan sarana wisata yang komplet.

Mulai dari tempat parkir yang lega, warung makan murah, toilet, kamar tukar, s/d masjid, semua telah ada.

Disamping itu, ada pula area perkemahan spesial yang menyengaja disiapkan oleh faksi pengurus untuk beberapa pencinta rutinitas camping.

Bila Anda pengin berekreasi ke air terjun ini, air terjun ini bisa Anda datangi tiap hari sepanjang 24 jam non-stop.

Untuk dapat masuk di posisi air terjun ini, Anda akan diminta ongkos ticket masuk sejumlah Rp. 10.200 per orang. Antiknya, meskipun murah, ongkos ticket masuk itu telah meliputi ongkos asuransi.

Spesial untuk yang pengin kemping, ticket masuk yang perlu dibayarkan cukup sedikit tambah mahal dari ticket masuk di posisi air terjun, yakni sejumlah Rp. 28.000.


15. Pacet Mini Park Mojokerto

Spesial untuk Anda yang pengin nikmati waktu akhir minggu dengan keluarga, di wilayah Pacet ada object wisata keluarga di Mojokerto yang paling rekomended untuk didatangi. Nama object wisata itu ialah Pacet Mini Park Mojokerto.

Pacet Mini Park Mojokerto berada di Jl, Raya Mojosari Pacet Km. 55, Desa Patinam, Dusun Warugunung, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Tempat wisata ini tawarkan daya magnet khusus berbentuk wisata pemandian bikinan yang diperlengkapi dengan bermacam jenis sarana permainan.

Di sini, Anda bisa nikmati kesan bermain air sambil memicu adrenalin di seluncuran yang lumayan panjang.

Disamping itu, ada pula beberapa spot photo berupa dinosaurus dan dinding pahatan yang dapat digunakan selaku background untuk berpose.

Mulai bekerja semenjak Tahun 2009, Pacet Mini Park sekarang ini sudah sukses jadi salah satunya tempat wisata terkenal di Mojokerto.

Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pelancong yang bertandang ke object wisata ini, khususnya pada hari liburan dan akhir minggu.

Tingginya apresiasi pelancong pada object wisata ini tidak karena hanya sarana permainannya yang komplet, tetapi sebab posisinya yang gampang untuk dijangkau dan tersedianya sarana wisatanya yang lumayan komplet.

Pada hari normal, object wisata ini bekerja dari awal hari sabtu sampai kamis dari start pukul 8 pagi s/d jam 5 sore.

Ticket masuk di tempat ini dibeda – bedakan, berdasar sarana yang pengin dituju. Untuk range besaran ticket masuknya sendiri ialah dimulai dari Rp. 5.000 s/d Rp. 50.000 per orang.


16. Joglo Park Mojokerto

Awalnya kita sudah mengulas object wisata Pacet Mini Park kan? Nah, tidak jauh dari object wisata itu, ada lagi satu object wisata berupa taman bermain yang tidak kalah memikat buat didatangi. Nama object wisata itu ialah Joglo Park.

Posisi Joglo Park berada di Jl. Pacet Km. 3, Desa Randegan, Dusun Warugunung, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto.

Taman bermain ini adalah salah satunya taman bermain terkomplet di Mojokerto.

Bahkan juga, sangking selengkapnya sarana dan sarana permainan yang ada di taman ini, taman ini pas untuk didatangi oleh hampir seluruh kelompok umur, baik itu anak – anak, balita, remaja, atau orang dewasa.

Di sini Anda bisa nikmati beragam macam sarana permainan. Mulai dari sarana permainan hebat seperti kolam renang yang sudah diperlengkapi dengan beragam-ragam sarana permainan air, studio film 3 dimensi, s/d sarana yang cukup melawan seperti ATV, semua dapat dicicipi di taman ini.

Untuk menyokong rutinitas wisata di taman ini, faksi pengurus taman ini sudah sediakan sarana wisata yang mengagumkan komplet.

Lapangan parkirkannya termasuk benar-benar luas, toiletnya banyak dan bersih, food courtnya komplet, dan moshola juga telah ada.

Sama dengan object wisata Pacet Mini Park, Joglo Park bekerja awal hari Sabtu sampai Kamis. Perbedaannya, jam operasional tempat ini diawali sedikit semakin lama, yakni jam 9 pagi dan usai jam 1/2 5 sore.

Untuk dapat masuk di Joglo Park, Anda harus bayar ongkos ticket masuk sejumlah Rp. 30.000 rupiah (cuman berlaku untuk ongkos masuk plus sarana kolam renang saja). Untuk nikmati sarana lain, Anda harus beli ticket terusan sejumlah Rp. 50.000.

Bila pengin yang lebih komplet, Anda dapat beli beberapa macam paket outbond yang disiapkan oleh faksi pengurus, misalnya: Paket Dino dengan harga Rp. 155.000 per anak, paket T – Rex dengan harga Rp. 135.000 per anak, dan beberapa paket yang lain.


17. Candi Jalatunda

Tempat wisata di Mojokerto yang setelah itu Candi Jalatunda. Candi Jalatunda adalah candi warisan kerajaan Majapahit yang cukup unik.

Tidak seperti umumnya candi yang lain yang cuman dapat sebatas disaksikan dan digunakan selaku tempat untuk hunting photo, Candi Jalatunda kecuali dapat dipakai selaku background untuk berpose bisa juga dipakai selaku tempat untuk mandi dan bermain air.

Candi ini beritanya telah ada semenjak akhir era ke 8 dan tetap berdiri kuat sampai saat ini.

Dahulunya candi ini diprediksi adalah posisi patirtaan alias tempat pemandian kuno spesial untuk kelompok istana.

Luar biasanya, meskipun umur candi ini telah lebih satu era, perananonalitasnya tetap terlindungi sampai saat ini.

Namun bagian-bagian candi ini mulai remuk, hingga memiliki bentuk tidak komplet seperti yang lalu.

Posisi Candi Jalatunda berada di kaki Gunung Penanggungan, persisnya di Dusun Seloliman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto.

Ticket masuk di Candi Jalatunda termasuk benar-benar dapat dijangkau, yakni cuman Rp. 10.000 per orang.


18. Situs Reco Lanang

Situs Reco Lanang berada di Dusun Kemloko, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. Situs ini adalah salah satunya situs riwayat warisan Kerajaan Majapahit yang sukses bertahan sampai saat ini.

Situs Reco ini berupa Patung Budha bermaterial batu dan dinamakan Reco Lanang sebab patung budhanya ialah Budha Yan.

Tinggi patung arca ini lebih kurang seputar 5,7 mtr.. Bila disaksikan sepintas, memiliki bentuk serupa seperti arca Budha di teritori Candi Borobudur di Magelang.

Tidak jauh dari Situs Reco Lanang, ada situs Archa Wadhon yang tidak kalah memikat buat didatangi.Archa ini berupa batu tengkurang dan diprediksi mempunyai umur yang tidak berbeda jauh dengan Reco lanang.

Menurut pembicaraan warga di tempat, Situs Reco Lanang dahulunya ialah posisi pengerjaan arca di zaman kerajaan Majapahit.

Sekarang ini situs ini sudah sah jadi salah satunya situs monumental yang digunakan selaku tempat wisata terbuka.

Bila ingin, Anda bisa bertandang ke situs ini kapan pun tiada perlu bayar ongkos ticket masuk sama sekalipun.


19. Gunung Penanggungan Mojokerto

Spesial untuk Anda yang hoby mendaki gunung, di Mojokerto ada Gunung Penanggungan yang paling cocok untuk jadi selaku arah pendakian.

Gunung ini dahulunya adalah gunung api. Namun, sekarang ini posisinya tidak aktif. Secara keseluruhan, gunung ini mempunyai ketinggian seputar 1.653 mdpl.

Untuk mendaki gunung ini ada empat lajur pendakian yang dapat ditempuh. Umumnya rata – rata saat yang diperlukan oleh pendaki gunung ekspert ialah sekitar 3 s/d 6 jam perjalanan.

Di area pendakian ke arah pucuk gunung ini ada beberapa spot wisata tarik seperti situs purbakala, tempat semedi, petirtaan, dan bangunan candi kuno yang dapat Anda kunjungi.

Di area pucuknya sendiri ada padang savana yang dapat digunakan untuk kemping atau untuk background untuk berpose.

Letak Gunung Penanggungan berada di Kec. Trawas, Kab. Mojokerto.

Untuk dapat mendaki gunung ini, di pintu masuk Anda akan diminta ongkos retribusi sejumlah Rp. 15.000 per orang.


20. Pemandian Air Panas Padusan

Tempat wisata di Mojokerto yang setelah itu Pemandian Air Panas Padusan. Pemandian Air Panas Padusan berada di kaki Gunung Welirang, persisnya di Dusun Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto.

Pemandian air panas ini benar-benar terkenal di kelompok warga lokal sebab kekuatan airnya dalam mengobati penyakit kulit.

Menurut berita yang tersebar, sebab memiliki kandungan zat belerang, air yang ada di Pemandian Air Panas Pedusan sudah bisa dibuktikan bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Disamping itu, air panas di tempat ini bisa juga jadi fasilitas rileksasi badan. Rasa pegal – pegal dan linu yang muncul sebab kelelahan bekerja akan selekasnya raib dengan merendam di pemandian air panas ini.

Untuk menyokong rutinitas pariwisata di tempat ini, pengurus object wisata ini sudah sediakan sarana wisata yang lumayan komplet. Mulai dari tempat parkirkan, toilet, warung makan, s/d hotel dan restaurant semua telah ada di sini.

Pada hari normal, Pemandian Air Panas Padusan dibuka untuk umum tiap hari dari start pukul 9 pagi s/d jam 11 malam. Walau bagaimanapun, bila Anda betul – betul pengin nikmati rutinitas wisata Anda di sini, Anda kami anjurkan untuk bertandang pada pagi hari waktu hari kerja.

Untuk kepentingan ticket masuk, per orang cuman dikenakan uang ticket masuk sejumlah Rp. 12.500 saja.


21. Air Terjun Grenjengan

Spesial untuk Anda yang hoby berpetualang, di Mojokerto ada object wisata namanya Air Terjun Grenjengan yang tawarkan pengalaman wisata cukup melawan.

Posisi Air Terjun Grenjengan tidak begitu jauh dari posisi Pemandian Air Panas Padusan, yakni di Dusun Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Air terjun ini mempunyai ketinggian seputar 20 – an mtr.. Meskipun tinggi, tetapi salurannya condong tidak begitu deras.

Salurannya sendiri terdiri jadi dua dengan debet air yang cukup imbang. Sebab salurannya yang terdiri dua ini, di kelompok warga seputar, air terjun ini banyak diketahui bernama Air Terjun Grejengan Kembar.

Keadaan air yang mengucur di air terjun ini benar-benar tergantung pada cuaca. Waktu cuaca sedang ceria alias pada musim kemarau, saluran airnya umumnya cukup jernih. Kebalikannya, waktu cuaca sedang kurang berteman alias di musim hujan, saluran airnya umumnya cukup kotor.

Sarana simpatisan yang ada di air terjun ini telah termasuk lumayan komplet. Karena itu, waktu bertandang ke air terjun ini Anda tak perlu cemas pikirkan kepentingan sarana sama sekalipun.

Namun, harus dipahami, jarak posisi air terjun dengan tempat parkirkan kendaraan termasuk lumayan jauh. Itu mengapa kami mengategorikan air terjun ini selaku salah satunya tempat wisata melawan di Mojokerto. Sebab untuk dapat sampai ke posisi persisnya, Anda harus berjalan kaki sepanjang beberapa puluh menit melewati medan perjalanan yang cukup curam.

Nah, bagaimana? Apa Anda berminat untuk bertandang ke air terjun ini?

Bila ya, Anda perlu mempersiapkan uang sejumlah Rp. 8.000 selaku ongkos ticket masuk.


22. Api Abadi Mojokerto

Di Pulau jawa ada beberapa spot wisata api kekal yang tidak mati walaupun pada keadaan hujan sekalinya. Nah, salah satunya spot api kekal itu berada di Kab. Mojokerto.

Menurut pembicaraan warga seputar, api kekal di Kab. Mojokerto ini telah ada semenjak jaman purbakala. Spot api kekal ini diketemukan pertamanya kali di zaman kerajaan Majapahit. Pada saat itu, api kekal ini dipakai selaku teritori perapian untuk bikin senjata pasukan kerajaan Majapahit.

Sekarang ini spot api kekal ini digunakan selaku tempat wisata. Posisi api kekal ini berada di Kab. Mojokerto, persisnya di Dusun Tempuran, Kec. Soko.

Bila Anda pergi dari Pusat Kota Mojokerto, object wisata ini cuman memiliki jarak seputar 3 km dan bisa dilakukan dalam waktu 10 – 15 menit perjalanan memakai kendaraan motor.

Object wisata Api Kekal di Mojokerto ini dibuka untuk umum tiap hari sepanjang 24 jam non-stop.

Bila Anda pengin menyaksikan fenomena api kekal di sini, Anda kami anjurkan untuk mendatanginya pada malam hari.

Masalahnya di waktu malam hari, sinaran api kekal di tempat ini akan nampak semakin lebih terang daripada pada siang hari.

Nanti, untuk dapat masuk di teritori api kekal ini, Anda akan diminta ongkos ticket masuk sejumlah Rp. 5.000 per orang.


23. Bukit Jengger

Bukit Jengger Tempat wisata di Mojokerto setelah itu pucuk bukit Jengger yang tawarkan pemandangan alam yang cantik. Dari pucuk Jengger yang mempunyai ketinggian seputar 1.050. Mdpl ini anda dapat melihat panorama alam yang terhampar disekelilingnya.

Tidaklah aneh mengapa pucuk jengger ini sering jadi selaku tempat untuk camping beberapa anak muda atau sekedar mendaki saja.

Di atas pucuk jengger ini anda dapat melihat saluran sungai yang menarik. Posisi pucuk Jengger ini ada di Kecamatan Jatirejo-Mojokerto. Untuk dapat sampai ke pucuk jengger ini anda dapat melalui Dusun Rejosari dan Dusun Nawangan.


24. Tujuan Wisata Penjelajahan, Claket Adventure

Selanjutnya untuk anda senang dengan wisata yang melawan, anda dapat berkunjung claket adventure yang baru dibuka pada april 2017 kemarin.

Tujuan wisata Claket Adventure ini tawarkan banyak spot yang instagrammable untuk selfie yang kece untuk kita buat jadi DP account sosmed kita.

Untuk dapat capai Claket Adventure, silakan anda turuti jalan dari Pacet terus jalan mengambil jalan menuju trawas, jangan belok menuju air panas padusan, lalu ikutin ke jalan lebih kurang 5 km, dan Claket Adventure ada di samping segi kanan anda.

Pelancong yang ketarik berlibur di sini harus mengelaurkan uang Rp.10.000 untuk ticket masuk dan ongkos lain untuk wahan yang akan digoba.


25. Wisata Air Terjun Selendang 7 Bidadari

Wisata Air Terjun Selendang 7 Bidadari Air terjun selendang 7 bidadari bisa juga anda untuk jadikan tujuan wisata di Mojokerto anda seterusnya. Air terjun yang mempunyai kiendahan bak bidadari ini sayang untuk dilewati.

Posisi air terjun yang asri ini berada di Rimba Rejosari, Kabupaten Mojokerto. Untuk lebih detilnya silakan anda turuti jalurnya yakni, pertama dari arah dinoyo, trowulan mengambil arah lempeng(arah gondang/jatirejo) dan dari arah Surabaya, puri, brangkal mengambil arah kiri sebelum pasar dinoyo.

Waktu bertemu jembatan pangi, belok sesudah melalui jembatan(lihat papan petunjuk dikanan jalan). kalau dari arah gondang, mojosari, krian, sesudah jembatan pangi belok kiri. dan dari wonosalam belok kanan saat sebelum nglewati jembatan pangi.

Sampai gapura dusun Sumberagung, belok kanan, sesudah seputar 1 Km, dari dusun Sumberagung belok kanan(gang depan pos, ada plakat), turuti jalan aspal(abaikan gapura pucuk Bukit Surya).

Setelah tiba dusun rejosari, ada pertigaan, belok kiri(rumah cocok pertigaan biasa dibikin parkirkan waktu kelompok sejumlah banyak) ,kurang lebih 0Km dari pertigaan akan sampai pos pendakian (warung samping kiri jalan saat sebelum kelokan). atau bisa saja kalian search di Waze atau Google Map untuk mengarahkan kalian ke sana.

Bagaimana? Anda ketarik berlibur ke air terjun yang kece ini? Langsung ke arah TKP.


26. Pacet Hill

Tempat wisata di Mojokerto setelah itu pecet Hill yang baru dibuka pada 2017 kemarin. Posisi pacet hill ini berada di Kecamatan Pacet, Mojokerto memiliki jarak 2 Km dari pemandian air panas.

Di sini anda dapat coba bermacam sarana dimulai dari Fun offroad, Ground outbound, Rafting, Paint ball, Titik Spot pentas selfi. Untuk ticket masuknya pacet hill sendiri yakni Rp. 10.000


27. Tujuan Wisata Air Panas, Duyung Trawas Hill

Untuk anda yang pengin beri kesegaran badan yang telah lemas sebab beban kerja atau pemikiran, anda sebaiknya berkunjung duyung trawas hill untuk merendam di air panas. Posisi pemandian air panas ini ada di Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Tentang hal harga ticket masuknya yakni sejumlah Rp. 25000 per Orang.


28. Fresh Green Trawas

Selanjutnya anda dapat berkunjung tujuan "Wisata Mendem Duren". Fresh green trawas ini dapat anda capai dengan tempuh perjalanan seputar 3 jam perjalanan dari pusat Mojokerto.

Agrowisata yang ini benar-benar pas buat anda buat jadi tujuan berlibur dengan keluarga waktu akhir minggu atau musim berlibur. Di sini anda dapat mencoba beragam macam panganan dari durian yang mempunyai rasa WAH!

Kecuali tawarkan kesan agrowisata, anda juga bisa coba bermacam sarana hebat seperti flyig fox. Oh iya sob, jika ke sini rencanakan di saat musin durian ya!

Alamat: Desa Bantal, Dusun Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto,


29. PPLH Seloliman Trawas

Jika anda berlibur bersama beberapa anak, tidak ada kelirunya untuk singgah ke Pusat Pengajaran Lingkungan Hidup atau Environmental Education Centre (PPLH).

Berlibur ke sini dapat sekalian jadi tempat untuk mendidik anak supaya mereka lebih mengenali lingkungan. Kecuali ada tempat pemrosesan sampah, PPLH mempunyai sarana permainan dan tempat makan lo. Di sini ada fasilitas outbound, pondokan, restaurant, toilet dan beberapa sarana simpatisan yang lain yang cukup ideal.

Alamat: Dusun Seloliman, Trawas, Mojokerto


30. Obech Rafting Pacet

Obech Rafting Pacet Anda suka coba olahraga yang melawan? Silakan dech coba arung jeram di "Obech Rafting". Kecuali untuk mengetes adrenalin, olahraga ini bisa juga untuk mengetes kebersama-samaan dan kesolidan team lo.

Oh iya, Obech Rafting ini sediakan paket wisata lain lho, tidak cuma rafting, ada juga paket hebat lain seperti outbond dan paintball games, kemping sampai nikmati alam yang asri. Disekitar tempat wisata di Mojokerto ada juga Agrowisata dan peternakan kambing dan sapi.

Jl. Cangar – Pacet No.1, Sumberam, Sajen, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374


31. Sumber Wuluh

Sumber Wuluh Sumer wuluh bisa juga kamu untuk jadikan tempat berlibur di Mojokerto lo sob. Di sini kamu dapat menenagkan pemikiran dan hilangkan depresi bersama beberapa ikan yang berwarna-warni dan air jernih bak kaca.

Kamu tidak dikenai biaya untuk berkunjung sumber wuluh ini, cuman ada kotak bantuan suka-rela.

Sumber Dukur / Sumber Wuluh. Mojokerto Jawa Timur Indonesia


32. Air Terjun Watu Ondo

Air terjun watu ondo dapat anda untuk jadikan tujuan wisata di Mojokerto seterusnya. Air terjun ini berada di Taman Rimba Raya Raden Soerojo. Saluran air terjun watu ondo ini dapat disebut cukup deras.

Air terjun yang mempunyai 2 tingkat ini mempunyai watak yang lain di mana air terjun pertama dengan ketinggian air terjun seputar 75 mtr. sedang air terjun ke-2 mempunyai ketinggian seputar 40 mtr..

Kehadiran batu di bawah saluran air terjun makin menambahkan eksotisme air terjun yang menyuguhkan panorama alam yang asri ini.

Oh iya sob, sebab ada di teritori rimba, untuk dapat sampai ke posisi air terjun ini perlu perjuangan tambahan lho, jadi kamu harus waspada ya.

Dengan perjuangan yang esktra anda terbayarkan demikian kamu sampai di posisi air terjun yang kece ini. Janganlah lupa membawa camera yang tahan air ya, dapat kamu dapat mendokumentasikan peristiwa bagus di sini.

Alamat: Dusun Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.


33. Air Terjun Watu Lumpang

Objek rekreasi Alam Air Terjun Watu Lumpang kemungkinan telah akrab ditelinga warga Mojokerto atau Batu. Pasalnya tempat rekreasi ini gampang dicapai mana yang ada tidak jauh dari jalan Pacet – Cangar.

Udara di area ini juga berasa sejuk sama air yang jernih dans fresh. Bukti ini tidak terpungkiri karena airnya mengambil sumber dari Gunung Welirang. Tetapi benar-benar coban ini tidak setinggi Coban Watu ondo dengan tinggi capai 80 mtr.. Air terjun di Pacet ini lebih melebar kesamping.

Tidak cuman tawarkan satu air terjun, tetapi ada dua grojogan sekalian di sini. Air terjun khusus tidak langsung mengucur ke bawah, tetapi berjalan menuruni batu-batuan dinding tebing. Disini nampak kekhasan air terjun di Pacet ini. Disamping air terjun ini masih ada air terjun kembali. Saluran yang lebih kecil tetapi lebih vertikal. Rumput-rumputan yang hijau juga mengikut saluran airnya mana yang memberi kesan-kesan tertentu. Infrastruktur di objek rekreasi alam ini sesungguhnya telah baik. Ada masjid yang telah baik, gazebo yang baik, toilet, sampai ada beberapa tempat duduk. Namun tujuan ini kurang terurus dan tidak ada penjual makanan.

Berapakah harga ticket masuk Air Terjun Watu Lumpang Pacet Mojokerto? Pengunjung cuman dikenai HTM sejumlah 10k untuk dapat nikmati keelokan air terjun dan berswafoto disitu. Disamping itu, ongkos parkirkannya murah, hanya 2k saja per motor

  • Ticket masuk: Rp. 10.000
  • Parkirkan: Rp. 2.000
  • Alamat: Dusun Pacet, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur


34. Situs Siti Inggil

Ada di Desa Kedungwulan, Dusun Bejijong, Kecamatan Trowulan. Fisik situs berbentuk sisa fondasi satu bangunan kuno. Oleh warga sekitar atasnya dibuat seperti sanggar penyembahan yang dipercaya selaku pusara Raden Wijaya. Di posisi Siti Inggil ada sumur yang airnya dipandang memiliki kandungan karunia. Satu pendopo dibangun pas dadepan sanggar penyembahan. Diperlengkapi juga dengan masjid dan satu bangunan yang disebutkan dengan sanggar gundul. Situs Siti lnggil banyak didatangi peziarah terutamanya saat malam Jumat Legi dan di bulan Suro.

Alamat: Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur


35. Bumi Perkemahan Dlundung

Area rekreasi alam Dlundung Trawas terakhir jadi opsi favorite berlibur keluarga di Jawa Timur. Di tempat ini, beberapa pelancong bisa nikmati situasi rimba, air terjun dan jejeran pohon-pohon rimbun yang penuh kesejukan.

Dlundung Trawas sekarang terhitung salah satunya tujuan rekreasi akhir minggu dan berlibur kaum urban di daerah Jawa Timur dan sekelilingnya.

Ada di lereng Gunung Penanggungan, posisi rekreasi Dlundung berada di daerah Trawas, Mojokerto, Jawa Timur tetap jadi opsi keluarga.

Camping ground, air terjun dan gemericik suara saluran sungai jadi salah satunya daya magnet untuk pengunjung.

Alamat: Trawas, Mojokerto, Jawa Timur


36. Candi Kesiman

Di wilayah yang sejuk dan dikitari bentangan sawah ada satu Candi Kesiman yang terletak di Desa Kesiman, Dusun Kesiman tengah, Kecamatan Pacet. Candi ini dinamakan sesuai nama desa di tempat. Satu bangunan monumental berdiri dengan kokohnya di undukan bukit yang dikitari oleh sawah

Candi ini mempunyai panjang 10,2 mtr., lebar 7,2 mtr. dan tinggi 5 mtr.. Sisi depan yang menjuru tingginya 3 mtr.. Pada dinding sisi barat ada sisi yang menjuru di depan sejauh 3 m, di kanan kirinya ada bekas-bekas tangga yang berbentuk undak-undakan pada kondisi yang tidak teratur kembali. Relief yang terukir didinding Candi Kesiman salah satunya, berisi relief Hanoman, kepala Saat, Kinara-Kinari, dan relief khusus Samudramanthana. Relief khusus ini berisi narasi persaingan perebutan Amerta atau air suci penghidupan pada dinding sisi barat.Didalamnya, ada relief beberapa binatang yang disebut jelmaan beberapa dewa seperti Siwa dan Wisnu. Beberapa literatur mengatakan, relief Samudramanthana itu erat berkaitan dengan mitologi pembebasan sumpah. Sisi atap candi alami kerusakan. Beberapa batu candi tidak diketemukan saat ditelaah oleh beberapa periset Belanda dan Indonesia. Diprediksi candi itu dibuat di akhir kemasyhuran Kerajaan Majapahit

Terletak seputar 500 mtr. dari Jalan Raya Pacet-Gondang dan 200 mtr. dari jalan kutub dusun. Untuk mencapai posisi, pengunjung akan mencari jalanan sempit berlumpur lebih serupa pematang sawah. Memiliki jarak 50 mtr. saat sebelum candi, pengunjung melewati pematang sawah dengan lebar kurang dari 1/2 mtr.. Posisi candi ada di lereng bukit. Dari sana nampak jurang di mana ada anak sungai yang dinamakan Kali Cungkup oleh masyarakat di tempat. Sebab posisinya yang jarang-jarang dijumpai, jumlah pengunjung candi itu relatif sedikit dibanding candi-candi yang lain di Mojokerto. Per Januari 2014, ada 465 pengunjung yang terbagi dalam masyarakat, murid, periset, dan mahasiswa. Beberapa anak sekolah yang tiba umumnya belajar riwayat, relief, dan kesenian dengan melukis panorama seputar.

Posisi: Jl. Candi, Kesimantengah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur


37. Candi Bangkal

Dari beberapa puluh destinasi situs purbakala berbentuk candi yang berada di Mojokerto, beberapa salah satunya terpisah dari posisi pusat purbakala di wilayah Trowulan. Diantaranya ialah Candi Bangkal. Walau demikian, candi ini masih terhitung warisan jaman Kerajaan Majapahit. Lantas, apa yang menarik mengenai candi ini? Klik candi bangkal untuk informasi lebih lanjut.


38 Museum Sanggahr Gubug Wayang

Alamat: Jl. Kartini No.23, Seduri, Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur


39. Air Terjun Surodadu

Alamat: Pacet, Mojokerto, Jawa Timur


40. Strawberry Farm Pacet

Alamat: jalan raya wisata pemandian air panas padusan, Padusan, Pacet, Mojokerto


41. Gua gembyang

Alamat: Sumberkembar, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur


42. Candi Jedong

Alamat: Wotanmas jedong, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Mojokerto Jawa Timur yang dapat kalian coba untuk datangi di saat luang dan punya kesempatan berlibur.

terpenting untuk diingat, sebagian besar tempat-tempat wisata yang kami sebut di atas posisinya berada di wilayah yang belum terdapat model angkutan umum yang mengakses dan sarana pembayaran non-tunai. jadi kami menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi kalian yaa..


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar