6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Danau Sentani Destinasi Tempat Wisata di Tanah Papua


Sekut.net - Papua diketahui mempunyai keelokan alam yang mengagumkan cantik. Ada beberapa rekreasi alam dengan pemandangan yang demikian mempesona di Papua, diantaranya Danau Sentani. Bermula dari cerita Legenda penunggang naga ini, Danau Sentani jadi danau yang paling populer di provinsi Papua. Danau yang ada di selatan kabupaten Jayapura ini mempunyai luas 9.360 hektar dan kedalaman 75 meter di permukaan laut. Daerah danau yang disebut satu kesatuan dengan cagar alam Pegunungan Cycloops ini mempunyai pemandangan alam yang cantik dan penuh akan nilai budaya. Keelokan alam di Danau Sentani tidak perlu disangsikan kembali. Kecantikan alam sekelilingnya tidak kalah bila dibanding Raja Ampat yang terkenal itu.

Destinasi Tempat Wisata Danau Sentani


Nama Danau Sentani tidak langsung diberi tiada arti yang dalam. Nama ini jadi kisah dan keinginan untuk warga Papua, terutamanya masyarakat di seputar danau. Panggilan Sentani diberi dengan seorang Pendeta Kristen BL Bin seputar tahun 1898. Berarti sendiri ialah ‘di sini kami tinggal dengan nyaman'. Oleh karena itu, Danau Sentani diinginkan jadi lokasi yang bawa kenyamanan hidup.

Danau Sentani jadi salah satunya pariwisata favorit yang dipunyai Papua. Danau dengan panorama yang memikat ini melingkupi 24 dusun dengan bermacam kesenian dan budaya yang tarik untuk beberapa pelancong. Bahkan juga, menurut opini beberapa masyarakat di tempat, kerajinan tangan seperti lukisan kulit kayu, atau lukisan batu terhitung hasil kesenian yang terhebat di semua bumi Papua.

Harus dipahami jika Danau Sentani ini memperoleh suplai air dari 34 sumber mata air dari seputar Pegunungan Cycloop. Jumlahnya debet air dan luas danau berpengaruh pada bermacam jenis biota sebagai penghuni. Sekurang-kurangnya, diketemukan 15 tipe tanaman air berbentuk wewejan, kayu apu, rumput pita, kangkung air, peperetan, keladi air, jukut, bakoan, rumput ikan, lumut air, enceng gondok, tasbih, teratai, gulma itik, dan ganggang hijau biru.

Bukan hanya budaya dan keseniannya, Danau Sentani populer akan kekayaan alamnya yang mengagumkan. Keberagaman hayati berbentuk Pohon Matoa, Pohon Pinang atau Kayu Putih jadi tanaman ciri khas yang banyak ditemui di seputar danau. Disamping itu, danau ini ditempati oleh seputar 30 tipe ikan tawar. Bahkan juga 4 salah satunya adalah epidemik Danau Sentani. Spesies-spesiesnya ialah hiu gergaji (Pristis microdon), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), ikan pelangi sentani (Chilatherina sentaniensis), dan ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon).


Bukit Teletubbies

Anda pernah melihat seri beberapa anak Teletubbies kan? Keunikan dari seri itu ialah settingnya yang ada di gundukan-gundukan bukit-bukit hijau. Tidak cuman dalam seri kartun, Anda juga dapat mendapati tempat sama di Indonesia, persisnya di Danau Sentani. Anda bisa menyaksikan barisan bukit bergelombang yang hijau di seputar Danau. Panorama mengagumkan ini sayang sekali untuk dilalui.

Oleh karenanya, coba untuk nikmati keelokan Bukit Teletubbis dari jauh. Ada dua langkah yang dapat Anda kerjakan. Pertama ialah waktu ada di pesawat melalui bukit dari ketinggian. Sedang yang ke-2 dengan naiki Tugu MacArthur. Tugu ini posisinya berada di daerah Pegunungan Cycloop, persisnya basis TNI di Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trickora.


Festival Danau Sentani

Keadaan pariwisata yang tarik ini bukan hanya stop sampai di kekayaan alam dan budaya. Bermacam keunggulan ini dibawa ke tingkat yang selanjutnya oleh Pemda lewat Festival Danau Sentani. Festival ini diselenggarakan satu tahun sekali, umumnya pada tengah bulan Juni. Festival yang umum diselenggarakan di daerah Kalkote, pinggiran danau Sentani ini mendatangkan bermacam budaya dan kesenian di tempat. Masyarakat yang biasanya profesinya selaku nelayan, jadikan gelaran ini selaku fasilitas promo kebudayaan Sentani. Mereka tampilkan Tarian, Kerajinan ciri khas, bahkan juga bermacam produk budaya yang lain secara unik dan cantik dalam Festival tahunan ini.

Festival Danau Sentani diadakan tiap tanggal 19 Juni selaku wujud konservasi kebudayaan sekalian menunjukkan jalinan keserasian dan persatuan masyarakat di tempat. Papua benar-benar diketahui selaku wilayah yang cukup kerap berlangsung perselisihan antar suku, hingga perdamaian harus direalisasikan lewat festival Danau Sentani ini. Tentang hal peserta yang mengikut festival terbagi dalam semua paguyuban yang ada di daerah Kota atau Kabupaten Jayapura. Anda akan menyaksikan perlihatkan yang memadankan kebudayaan asli Tabi, di mana wilayah itu mempunyai 16 sub suku dan sumber daya alam terhebat. Kadang dalam festival ini akan ditemui juga kemunculan buaya, tetapi tidak selamanya ada. Anda dapat tangkap peristiwa ini bila mujur.

Sedang serangkaian acara festival Danau Sentani akan diawali dengan tarian tradisi yang dipraktikkan di atas perahu. Kemudian bersambung pada tarian perang ciri khas Papua, selanjutnya upacara tradisi buat melantik Ondoafi (pimpinan tradisi asli Sentani). Lantas yang paling akhir ialah nikmati bermacam jenis hidangan kulineran ciri khas Papua. Anda akan rasakan euforia kesemarakan festival sebab di bulan-bulan itu angka pelancong alami peningkatan cukup berarti.


Tiket Masuk dan Jalur ke Danau Sentani

Danau Sentani ada di daerah Sentani, ibu-kota kabupaten Jayapura. Danau ini bisa dilakukan sepanjang 15 menit dari lapangan terbang Sentani dan terhampar luas di sejauh perjalanan ke arah kota Jayapura. Embusan angin yang sejuk dan ketenangan yang nyaman akan berasa saat masuk daerah Danau Sentani. Bahkan juga, untuk lebih bersatu dengan alam Danau Sentani, pelancong bisa berkeliling-keliling dan berkunjung pulau-pulau di Danau Sentani dengan sewa perahu motor yang ada.

Akses ke arah Danau Sentani tidak demikian susah. Dari Jakarta, Anda dapat pilih jalur pesawat ke arah Lapangan terbang Sentani di Kabupaten Jayapura. Waktunya seputar delapan jam, bergantung posisi transitmu. Sesampainya di Lapangan terbang Sentani, dianjurkan sewa mobil agar lebih bebas dan fleksibel. Persewaan mobil umumnya ada di lapangan terbang. Pilihannya, Anda dapat pilih transportasi umum di pintu masuk lapangan terbang atau naik taksi. Jarak Lapangan terbang Sentani dengan Danau Sentani benar-benar dekat, cuman seputar 10 menit perjalanan darat.

Berbicara permasalahan jam membuka atau operasional Danau, tidak ada ketentuan spesial secara sah. Berarti, sampai saat ini Danau Sentani masih dibuka sepanjang 24 jam. Sudah pasti waktunya disamakan dengan posisi di tempat, yakni Waktu Indonesia Timur (WIT). Tetapi jika Anda pengin nikmati pemandangan danau dengan bukit-bukit dan pegunungan hijau sepanjang mata melihat, hadirlah di saat pagi sampai sore hari. Janganlah lupa untuk potret beberapa momen istimewa Anda dengan background danau yang memikat.

Harga tiket Danau Sentani seputar 10 ribu rupiah saja. Tetapi, biaya dapat berbeda setiap saat, bergantung hari bertandang. Sedang, untuk rental mobil, Anda perlu mengambil kantong seputar 650 ribu rupiah. Sesampainya di Danau Sentani, Anda dapat menelusuri dengan memakai kapal motor dengan biaya seputar 10-50 ribu rupiah. Rasa-rasanya, masih kurang satu hari untuk nikmati keelokan Danau Sentani. Untuk kepentingan fasilitas atau pondokan, tidak perlu diambil pusing. Tapi tak perlu cemas, sebab di seputar Danau dan kota Sentani telah ada pondokan-penginapan pada harga yang dapat dijangkau jika di rasa perlu untuk bermalam. Ada beberapa pondokan dengan anggaran yang dapat Anda samakan kantong. Anda dapat pilih hotel, hostel, homestay, atau resort di teritori tempat rekreasi Danau Sentani. Harga pondokan bervariatif, dimulai dari 250 ribu rupiah sampai 1 juta-an. Beberapa pondokan yang dapat Anda tentukan diantaranya Hotel Grand Abe Jayapura, Sabang Land Hotel, Le Premiere Hotel, Homestay Galpera Papua, atau Horex Hotel.

Saat yang pas untuk berkunjung Danau Sentani ialah bulan Juni. Masalahnya Festival Danau Sentani diadakan tiap Juni. Festival Danau Sentani umumnya berisi tarian-tarian tradisi di atas perahu, upacara tradisi seperti pengukuhan Ondoafi, dan bermacam hidangan kulineran ciri khas Papua. Semasing punyai kekhasan adat. Anda dapat berkunjung kampung-kampung di sana memakai perahu motor yang berada di pelabuhan Pantai Khalkote. Jika ingin lebih mengenali masyarakat lokal, menginaplah di dalam rumah masyarakat. Anda akan menyaksikan sehari-harinya mereka dan mengenalinya lebih dekat.


Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar