6dxHRBFGRKAyUIIqbYZwq3xKt8iSxrQ4Q0yCi2zx

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Hal-Hal Berkesan Dibalik Korea Utara


Ditengah pandemi seperti ini, mungkin traveling kesebuah tempat atau negara lain merupakan salah satu bucket list yang akan segera kalian lakukan atau realisasikan. Nah ngomongin soal traveling ke negara lain kira-kira apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar sebuah negara bernama Korea Utara?. Mungkin yang terlintas dalam pikiran kalian adalah Kelaparan rakyatnya, Senjata nuklir yang dapat mereka luncurkan sewaktu-waktu? Mode rambut dan pakaian penduduknya yang seperti tertinggal berdekade-dekade dari tren dunia? Sebagai negara korea utara memang bukan merupakan negara yang menjadi destinasi favorit untuk traveling.


Memang rasanya agak sulit untuk mempercayai apakah informasi yang kita dapatkan itu adalah sebuah imajinasi atau fakta. Supaya tidak penasaran, mari kita simak ulasan salah satu travel expert cantik bernama Mar Pages yang sempat melakukan perjalanan selama 13 hari di Korea Utara pada tahun 2015. Mengutip dari laman matadornetwork.com, dibawah ini adalah beberapa hal tentang Korea Utara yang jarang diketahui orang.

1. Di sana ternyata ada minuman bersoda juga!


Selain kuba ternyata Korea Utara menjadi negara tempat dimana kamu tidak bisa menemukan salah satu brand minuman bersoda yang terkenal di dunia yaitu Coca-Cola,namun jangan khawatir mereka tetap mendiakan minuman bersoda buatan lokal yang rasanya tidak jauh beda. Sekarang, barang-barang dari barat (Amerika dan Eropa) dapat ditemukan dengan mudah terlepas dari adanya embargo terhadap Korea Utara. Namun, beberapa benda tetap tidak tersedia, contohnya memory card kamera.


Hal-Hal Berkesan Dibalik Korea Utara


2. Kamu bisa belanja macam-macam di korea utara.


Korea Utara mungkin bukan lah negara yang memiliki kesan sebagai surga belanja seperti negara lain yautu Hong,Jepang Kong atau Singapura. Tapi pada kenyataannya, kamu tetap bisa kok, menghabiskan uang di sini. Selain suvenir, kamu bisa membelanjakan uangmu untuk macam-macam camilan, kartu pos, bir buatan lokal, atau bahkan untuk hiburan sirkus dan pasar malam. Menarik bukan?


Kamu bisa belanja macam-macam di korea utara.


3. Banyak tempat pembuatan bir skala kecil.


Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang asia timur gemar minum minuman keras tak terkecuali korea utara. Selain itu, Korea Utara juga memiliki hamparan pertanian padi dan barley yang luas karena 2 jenis tanaman tersebut merupakan komuditas pangan pokok negara tersebut. Dan apabila digabungkan keduanya, maka hasilnya adalah tempat produksi bir yang menjamur walaupun masih sekala homemade. Beberapa rumah produksi di antaranya juga bisa dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, sangat mudah menemukan bar dan hotel yang memproduksi birnya sendiri.



Banyak tempat pembuatan bir skala kecil.


4. Orang Korea Utara bisa bersenang-senang juga lho.


Jika kamu berpikiran Korea Utara sebagai negara yang membosankan dan tidak menawarkan banyak hiburan atau bahkan tidak memilikinya sama sekali? Kamu bukan satu-satunya. Mar Pages pun pada awalnya berpikir seperti itu, sampai pada akhirnya ia melihat sendiri bahwa orang Korea Utara ternyata punya banyak variadi hiburan. Pantai dan taman ramai oleh orang tua dan anak-anak yang sedang menghabiskan waktu bersama, dan  jangan salah ternyata mereka juga suka berkaraoke, itu sebabnya disana juga terdapat tempat karaoke dikota-kota.



Orang Korea Utara bisa bersenang-senang juga lho.


5. Kamu bisa berswafoto lho disana.


Wisatawan yang datang ke Korea Utara diberikan cukup banyak kebebasan untuk mengambil foto. Kalaupun ada larangan berfoto, umumnya larangan tersebut memang wajar. Misalnya, kamu tidak boleh mengambil foto di pos militer dan Mausoleum tempat Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il disemayamkan. Meski demikian, kamu harus selalu mematuhi kata pemandu wisatamu seandainya diminta untuk menghapus atau tidak mengambil foto di tempat tertentu.



Kamu bisa berswafoto lho disana.


6. Nah yang ini Pasti Jarang kalian ketahui.


Sebenarnya Tentara di Korea Utara itu ternyata ramah-ramah setidaknya bagi wisatawan. FYI Korea Utara adalah negara dengan jumlah tentara terbanyak ke-4 di dunia, jadi tidak heran kalau kamu bisa melihat tentara di mana-mana. Tentara-tentara ini mudah dikenali dengan seragam cokelat berbintang merah yang mereka kenakan. Saat diajak berbincang melalui penerjemah, tentara di DMZ (Zona Demiliterisasi Korea, kawasan perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan) menunjukkan sikap tertarik dan murah senyum.



Nah yang ini Pasti Jarang kalian ketahui.

7. Banyak yang punya telepon seluler

Korea Utara merupakan salah satu negara dengan tingkat penetrasi ponsel terendah di dunia. Karena itu, Mar Pages cukup kaget saat melihat banyak yang punya ponsel. Di jalanan, orang-orang menelepon sambil mengendarai sepeda dan motor. Meski begitu, turis internasional baru bisa mendapat roaming di DMZ, di mana kamu bisa menangkap sinyal dari Korea Selatan.



Banyak yang punya telepon seluler


8. Kamu hanya bisa ke Korea Utara melalui 2 negara.


Kalau kalian ingin menuju korea utaram mungkin kalian akan disuguhkan pilihan maskapai penerbangan yang terbatas. Dan maskapai paling sering digunakan adalah maskapai Air Koryo, yang merupakan maskapai penerbangan nasional. Begitupun juga negara yang bisa digunakan sebagai pintu masuk untuk menuju kesana, karena memang tidak semua negara mendapat dan memiliki ijin penerbangan kesana.


Satu-satunya cara menuju Korea Utara adalah melalui Rusia atau Tiongkok. Dari Rusia, pilihan terbaik adalah berangkat dari Vladivostok yang merupakan kota pelabuhan terbesar di Rusia. Penerbangan bukanlah satu-satunya cara menuju korea utara, terdapat beberapa pilihan lain bagi kalian yang ingin ke Korea Utara via Tiongkok, salah satunya dengan kereta api dari Kota Beijing.



Kamu hanya bisa ke Korea Utara melalui 2 negara.


9. Paspormu tidak akan dicap di imigrasi Korea Utara.


Mungkin sudah banyak yang mengetahui kalau kalian berkunjung ke Israel passport kalian gak bakal dicap, bagaimana dengan Korea Utara? Negara ini juga merupakan negara yang tidak akan memberi cap pada paspormu. Pasti dari kalian yang sedang membaca artikel ini memiliki pertanyaan bagaimanakah legalitas perjalanan kita di negara tersebut. Jawaban dari pertanyaan kalian adalah seperti ini Sebagai ganti dari cap di passport tersebut, pihak imigrasi akan membubuhkan cap pada kertas terpisah yang telah disediakan oleh otoritas setempat. Jadi suatu saat apabila orang lain melihat paspor kita, tidak akan ada tanda yang menunjukkan bahwa kita pernah ke Korea Utara. Sangat disayangkan memang namun begitulah adanya, padahal ketika passport kita terdapat banyak cap dari negara lain merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, iya kan?


Salah satu hal yang kalian tidak boleh dilakukan  adalah kamu tidak boleh.
mencoba membuat penduduk setempat pindah agama. Turis yang datang ke Korea Utara akan diberikan penjelasan tentang peraturan yang ada disana bagi turis. Salah satunya turis diperingatkan secara tegas untuk tidak mencoba-coba membuat penduduk setempat pindah agama. Di negara tersebut agama memang sudah diatur secara khusus. bagi mereka agama sudah digantikan oleh kultus individu kepada Kim Il Sung dan Kim Jong Il dan garis keturunannya.lalu bagaimana dengan Gereja dan masjid? Apakah tetap ada? Tempat ibadah umat lain tetap ada namun didirikan karena adanya kebutuhan pegawai-pegawai kedutaan besar, misalnya masjid di kompleks Kedutaan Besar Iran.


Ternyata korea utara menarik juga bukan? Sebagai negara yang tertutup korea tetap menyuguhkan hal-hal yang biasa terjadi didunia luar dan tetap ramah wisata. Mungkin sekian dulu ulasan singkat rubrik travel dari - sekut.net



Related Posts
sekut.net
Media Informasi Sekut Seputar Traveling.

Related Posts

Posting Komentar